Thursday, 14 August 2014

Filled Under:

Lima Pekerjaan yang Banyak Dibutuhkan di Indonesia

Masalah pengangguran memang menjadi masalah yang serius di Indonesia. Namun ternyata, tidak semua profesi yang ada di Indonesia terpenuhi kebutuhan kuotanya. Profesi-profesi berikut ini ternyata masih sangat dibutuhkan di Indonesia. Lowongan yang ada tidak sebanding dengan para pencari kerjanya. Masih banyak lowongan pekerjaan yang ada pada profesi ini belum terpenuhi.

Berikut profesi yang masih banyak dibutuhkan di Indonesia :


1. Aktuaria
Asuransi yang terus mengalami perkembangan tidak diiringi dengan perkembangan jumlah dari orang-orang yang menggeluti profesi aktuaria ini. Presiden Direktur Prudential Indonesia mengatakan bahwa pada tahun 2013, Indonesia hanya memiliki 150 aktuaris dari kebutuhan yang sebenarnya adalah 600 aktuaris.

2. Medis
Baik itu dokter, perawat, ataupun apoteker masih banyak dibutuhka di Indonesia, khususnya di daerah-daerah di luar pulau Jawa.Walaupun memang lulusan sekolah kedokteran maupun keperawatan sudah cukup banyak, namun daerah-daerah terpencil di Indonesia masih sangat kekurangan tenaga medis ini. Selain itu profesi seperti dokter spesialis bedah juga banyak dibutuhkan di Indonesia. Profesi sebagai ahli medis ini tentu saja akan semakin banyak dibutuhkan seiring dengan angka pertumbuhan penduduk yang cenderung meningkat di Indonesia.

3. Aviasi
Mahalnya biaya pendidikan dan ketatnya kriteria menyebabkan sedikitnya orang yang kuliah di sekolah penerbangan. Perusahaan penerbangan lokal pun kenyataannya masih mempekerjakan pilot dari luar negeri. Padahal sebenarnya profesi sebagai pilot ini memberikan gaji yang cukup besar.

Tenaga Air Traffic Controller (ATC) dan teknisi pesawat terbang juga sama halnya masih banyak dibutuhkan di Indonesia.

4. Software Engineering
Posisi ini sering kali diisi oleh tenaga asing dari luar negeri. Hal tersebut dikarenakan kurangnya daya saing dari lulusan Indonesia sendiri. Padahal sebenarnya seperti yang kita ketahui, teknologi cepat sekali berkembang. Tidak dapat dipungkiri bahwa dari tahun ke tahun teknologi tidak akan semakin mundur, namun semakin maju. Khususnya di Indonesia, sebenarnya profesi sebagai software engineer ini sering kali dicampur adukan dengan sistem analis dan programmer.

5. Marketing
Marketing tentu saja dibutuhkan di berbagai perusahaan. Setiap perusahaan dalam bidang apapun memerlukan tenaga marketing untuk mengontrol pasarnya. Tim mareting yang baik dapat meningkatkan penghasilan dari perusahaan.

0 comments:

Post a comment