Saturday, 18 October 2014

Filled Under:

Tips Mencari Pekerjaan Baru Saat Masih Bekerja

Mencari pekerjaan pada saat Anda masih bekerja diperusahaan Anda sekarang memang tidak ada salahnya. Ketika kita merasa tidak nyaman dengan perusahaan tempat kita sekarang bekerja, tentu saja ada baiknya kita mencari perusahaan lain untuk tempat kita bekerja.

Dalam proses mencari pekerjaan baru tersebut, tentu saja kita harus hati-hati agar tidak ketahuan oleh bos ataupun rekan kita di perusahaan. Hal tersebut untuk menghindari pemecatan yang terjadi kepada kita, sementara kita belum berhasil diterima pada pekerjaan baru yang kita inginkan.

Berikut beberapa tips ketika hendak mencari pekerjaan baru ketika kita masih bekerja di perusahaan lain :


5. Persiapkan Dress code

Persiapkan pakaian terbaik Anda saat interview. Jika Anda menggunakan T-shirt dan jeans sebagai dress code kerja Anda sehari-hari maka sebaiknya Anda membawa busana terbaik Anda untuk interview dan ganti busana kerja Anda pada saat tiba di restroom kantor tempat Anda interview agar tidak ketahuan.

4. Tentukan Waktu yang Tepat

Tidak masalah berapa besar Anda mencoba, terkadang setiap tawaran wawancara kerja yang datang seringkali mengganggu aktivitas kerja Anda. Bahkan jika Anda telah merasa putus asa mencari pekerjaan baru, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk langsung berkata iya, dan mengkonfirmasi kehadiran Anda untuk interview yang ditawarkan.

Katakan alasan Anda secara sopan mengapa Anda tidak bisa hadir dalam undangan wawancara kerja yang mereka berikan. Hal tersebut secara tidak langsung menjelaskan bahwa Anda memang saat ini masih bekerja. Atur waktu interview Anda sebelum atau sesudah jam kerja Anda selesai. Hal tersebut sekaligus menjadi menjelaskan betapa loyalnya Anda kepada perusahaan Anda sekarang. Pastinya HR tempat Anda melamar pekerjaan akan terkesima melihat keloyalan Anda.

3. Tetap Tenang

Anda dan rekan kerja Anda seringkali bergosip mulai dari obrolan makan siang hingga pekerjaan. Meskipun Anda merasa ada diposisi yang aman, sebaiknya Anda tetap merahasiakan proses pencarian kerja Anda tersebut.

Berusaha untuk tetap diam dan tidak membicarakan hal tersebut memang amatlah sulit. Terutama membicarakan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh HR tempat Anda melamar pekerjaan. Sebaiknya Anda tetap merahasaikan hal tersebut sampai Anda merasa aman dan telah mengantongi kontrak kerja dari kantor baru.

2. Bekerja Keras

Mencari pekerjaan disaat Anda telah memiliki pekerjaan, sangat menguras waktu Anda. Pastinya hal tersebut akan menganggu waktu kerja Anda, karena Anda serasa memiliki dua pekerjaan yaitu pekerjaan utama Anda dan mencari pekerjaan. Hasilnya pekerjaan Anda menjadi kurang maksimal dan performance Anda akan menurun.

Sebaiknya Anda harus menjaga pendapatan Anda tetap stabil sampai Anda mendapatkan pekerjaan baru. Hal tersebut berarti Anda tetap harus menujukan kualitas kerja yang bagus, meski Anda merasa tidak lagi sanggup bekerja dikantor Anda sekarang.

1. Jangan Gunakan Perangkat dan Fasilitas Kantor

Seringkali orang menganggap sepele saat menggunakan fasilitas kantor untuk mencari pekerjaan. Hal tersebut sebaiknya dihindari. Lebih baik Anda menggunakan device pribadi pada saat melamar pekerjaan atau mengunggah CV Anda. Hal tersebut terlalu beresiko terhadap pekerjaan Anda, bisa saja atasan Anda akan langsung memecat Anda ketika melihat Anda melakukan hal tersebut.

Hal lain yang lebih aman dan mudah adalah dengan mencari pekerjaan melalui mobile application. Unduh JobStreet.com mobile application di handphone Anda dan dapatkan pekerjaan yang Anda suka dengan lebih mudah. Namun pastikan Anda hanya akan mencari pekerjaan disaat jam kantor usai atau pada saat waktu istirahat kerja saja.

0 comments:

Post a comment