Monday, 3 November 2014

Filled Under:

Tidak Ada Penerimaan CPNS Selama 5 Tahun

Sebuah kebijakan moratorium yang menghebohkan akan dilaksanakan pada era Jokowi-JK, yaitu tidak membuka lowongan CPNS selama 5 tahun penuh. Selama 5 tahun tersebut, tidak akan ada lagi penerimaan CPNS untuk seluruh instansi, baik pusat maupun daerah.

Tentu saja keputusan ini sangat menggemparkan para pencari kerja. Bagaimana tidak, angka pengangguran yang saat ini saja sudah sangat banyak, dengan diberlakukannya kebijakan tersebut tentu saja akan membuat angka pengangguran di Indonesia menjadi membludak.

"Atas petunjuk Presiden Indonesia Jokowi yang disampaikan lewat Pak Wapres, hendak diberlakukan moratorium. Mulai moratorium PNS, kehutanan, pertambangan, dan juga seluruh kementerian, ”"kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi usai acara sertijab di kantornya, Jakarta, Selasa (28/10).


Menurut Yuddy Chrisnandi, pemberlakuan moratorium ini untuk memberikan peluang kepada seluruh instansi melaksanakan audit organisasi. Sehingga dapat diketahui berapa jumlah ideal PNS di seluruh Indonesia.

Ditanya jabatan mana saja yang hendak dimoratoriumkan, politikus dari Partai Hanura ini dengan tegas menyatakan seluruh kementerian yang ada di Indonesia harus ada moratorium.

"Semua kementerian mesti ada moratorium CPNS. Dalam masa moratorium selagi 5 (lima) tahun ini silakan melaksanakan audit organisasi, " tegasnya.

Mengenai penerimaan CPNS pada tahun 2014, Menurut Yuddy akan dibiarkan berjalan. Namun untuk tahun depan kebijakan rekruitmen CPNS hendak dikaji kembali sampai butuh ada moratorium, Ujarnya.

0 comments:

Post a comment