Monday, 13 July 2015

Filled Under:

Tidak Lulus SNMPTN dan SBMPTN? Jangan Menyerah!

Ketika kamu gagal SNMPTN & SBMPTN untuk mendapatkan jurusan ataupun universitas yang sangat kamu inginkan, jangan menyerah dan putus asa !

Mungkin kamu belum berusaha dengan sungguh-sungguh dan sebenarnya masih banyak potensi yang tersimpan dalam diri kamu. Coba kamu lihat dahulu beberapa jalur tes perguruan tinggi yang masih tersisa, seperti jalur mandiri universitas tertentu.

Apakah ada yang membuatmu tertarik? Atau kamu masih tetap menginginkan dan mendambakan jurusan / fakultas atau kampus favoritmu yang sebelumnya telah gagal tersebut?

Jika kamu memang kamu merasa sebenarnya memiliki potensi yang cukup untuk masuk ke kampus impianmu tersebut, dan kamu memang sangat menginginkan masuk ke jurusan atau universitas tersebut, coba pertimbangkan untuk mengulang lagi tahun depan. Jangan takut dan malu untuk mengulang. Ingatlah bahwa kamu masih diberi kesempatan untuk mengikuti tes masuk perguruan tinggi yang sama pada tahun depannya.


Toh gagal tes masuk perguruan tinggi bukan berarti kamu tidak mampu kan? Bisa saja karena kamu belum berusaha dengan sungguh-sungguh saja.

Penulis sendiri sebenarnya pernah gagal tes masuk pergurutan tinggi. Ketika itu penulis mencoba memilih Kedokteran UI & Kedokteran Unpad. Tanpa belajar, dengan Pedenya saya mengikuti tes tertulisnya. Hasilnya tentu saja mengecewakan. Saya tidak lulus.

Saat itu pun saya dihadapkan dengan pilihan yang sulit. Mengambil kuliah ditempat yang saya rasa tidak akan nyaman, atau mengikuti tes lagi tahun depannya. Akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti tes lagi tahun depannya.

Namun pada tes yang kedua tersebut saya mengurungkan cita-cita saya menjadi dokter karena dalam perjalanan selama satu tahun menunggu, saya akhirnya menemukan passion saya yang sebenarnya di bidang teknologi dan memutuskan untuk memilih jurusan Informatika ITB.

Dan saya sangat bersyukur dengan kegagalan pada waktu itu. Tanpa kegagalan saat itu, saya sama sekali tidak terpikirkan memilih kampus ITB, khususnya di Jurusan Informatika.

0 comments:

Post a comment