Sunday, 1 November 2015

Filled Under:

Beberapa Peluang Kerja Perawat, Tidak Hanya Rumah Sakit

Sebenarnya seorang lulusan perawat tidak mesti ditempatkan di Rumah Sakit atau Puskesmas saja. Namun ada beberapa peluang kerja lain yang dapat dicoba bagi lulusan perawat. Hal umum yang kedua sebenarnya seorang perawat dapat ditempatkan pada institusi pendidikan sebagai tenaga pengajar, misalnya dosen.

Ada beberapa tempat kerja lain yang dapat dicoba bagi seorang perawat. Beberapa peluang kerja yang dapat dikerjakan oleh seorang perawat adalah sebagai berikut:


1. Perawat Home Care

Pelayanan Home Care mulai berkembang, tidak hanya di luar negri saja, namun di Indonesia juga. Banyak orang yang membutuhkan tenaga perawat untuk merawat keluarganya di rumah.

2. Perawat Kesehatan Kerja (Occupational Health Nurse)

Perusahaan-perusahaan besar sekarang banyak yang mementingkan kesehatan dan keselamatan para pekerjanya. Hal tersebut mengakibatkan banyaknya perusahaan menggunakan jasa OHN ini.

3. Perawat spesialis Enterpreneur

Perawat tipe ini adalah perawat yang memiliki jiwa enterpreneur atau berwira usaha. Biasanya perawat ini akan memutar otaknya untuk dapat berwira usaha dengan memanfaatkan kemampuan sesuai bidang yang dimilikinya.

4. Perawat Pendidik

Institusi keperawatan yang semakin menjamur, salah satunya STIKES, membutuhkan tenaga pengajar yang berkompeten. Oleh karena itu dibutuhkan para pengajar yang memiliki ilmu tentang dunia keperawatan.

5. Perawat Advokat
Akhir-akhir ini banyak kasus yang berhubungan dengan perawat. Untuk itu, diperlukan seorang perawat advokat agar dapat melindungi profesi keperawatan dan kliennya. Seorang perawat advokat harus dapat memahami hak dan tanggung jawab pemberi dan penerima jasa layanan keperawatan tersebut.

6. Perawat Peneliti
Perawat peneliti sangat dihargai dan memiliki penghasilan yang cukup besar di berbagai negara. Profesi ini cocok diambil bagi orang yang ingin mendapatkan kesempatan keliling dunia.

7. Perawat Politikus
Profesi perawat yang satu ini memang agak aneh. Namun sebenarnya apabila seorang perawat pandai berpolitik, maka bisa saja dia menjadi seorang politikus. Karena faktanya beberapa kader partai besar, anggota DPR, dan lain-lain dulunya adalah seorang perawat.

8. Perawat Konsultan Kesehatan
Perlu pengetahuan yang mendalam untuk dapat menjadi bagian dalam profesi ini. Karena agar benar-benar bisa disebut sebagai konsultan perawat profesional, tentu saja seseorang harus menguasai sepenuhnya ilmu yang dimilikinya.

9. Perawat Teregistrasi (RN)
Dengan status sebagai perawat teregistrasi, seseorang memiliki kelebihan dapat bekerja di negara manapun dengan status Registered Nurse.


Selain hal tersebut sebenarnya masih ada beberapa peluang kerja perawat lainnya, yaitu:


10. Perawat Komunitas
11. Perawat Maternitas
12. Perawat Manajer
13. Dll.

0 comments:

Post a comment