Sunday, 8 November 2015

Filled Under:

Gaji PNS vs Gaji Karyawan Swasta

Profesi PNS memang menjadi primadona di kalangan masyarakat. Alasannya biasanya karena iming-iming jaminan uang pensiun. Selain itu PNS juga lebih aman dari ancaman PHK. Benarkah PNS lebih baik dibandingkan karyawan swasta?

Banyak yang beranggapan bahwa PNS gajinya lebih besar dibandingkan karyawan swasta. Namun sebenarnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Apabila dibandingan dengan buruh, mungkin memang benar gaji PNS lebih tinggi dibandingkan karyawan swasta. Namun sebenarnya apabila dibandingkan karyawan swasta yang berpendidikan, gaji PNS jauh dibawah mereka. Contohnya saja para fresh graduate di perusahaan migas bisa saja mendapatkan gaji hingga belasan juta, padahal baru lulus kuliah, yang tentu saja akan terus meningkat.

Sebenarnya tak jarang juga ada seorang karyawan swasta yang bisa mencapai gaji diatas 20 juta saat baru lulus kuliah, khususnya bagi yang bekerja di luar negeri. Contohnya saja beberapa teman saya memilih untuk kerja ke Jepang yang rata-rata mereka memiliki penghasilan awal 30jutaan. Dan ada juga yang setelah baru lulus S1 memutuskan langsung bekerja ke Singapura, dan dia mendapatkan gaji awal hingga 50 juta per bulan.


Betapa jauhnya perbedaan gaji karyawan swasta dengan gaji PNS bukan? Namun memang, untuk mendapatkan gaji yang tinggi, seorang karyawan swasta harus memiliki keahlian atau skill yang diatas rata-rata agar dapat bersaing dengan para lulusan dari berbagai kampus ternama lainnya. Selain itu seorang karyawan swasta biasanya dituntut untuk bekerja lebih keras, dan tentu saja selalu ada ancaman PHK apabila kinerja kurang baik atau bisa saja karena perusahaan tiba-tiba bangkrut.

Oleh karena itu, apabila kamu adalah tipe orang yang pekerja keras dan memiliki keahlian tertentu, ada baiknya memilih karyawan swasta saja. Karena kerja kerasmu akan dihargai dengan gaji yang fantastis. Namun apabila kamu sudah merasa cukup dengan gaji PNS, tidak ada salahnya kamu menjadi PNS. Toh PNS biasanya jadi menantu idaman para mertua kan :D

0 comments:

Post a comment