Tuesday, 3 November 2015

Filled Under:

Hati-Hati Salah Masuk Jurusan Teknik Informatika

Masuk jurusan teknik informatika tidaklah sesenang yang dikira. Coba saja kamu tanya pada orang-orang yang sudah merasakan bagaimana perkuliahan di teknik informatika, khususnya di kampus ternama, bukan kampus abal-abal.

Hati-hati salah masuk jurusan teknik informatika? Memangnya kenapa? Karena banyak orang yang merasa salah masuk jurursan ini. Hal tersebut terjadi karena mereka tidak berpikir matang-matang dan hanya melihat prospek jurusannya saja.

Kebanyakan orang yang mengambil jurusan teknik informatika ini adalah orang yang ikut-ikutan mengikuti trend yang sedang berkembang. Mengingat teknologi yang sedang berkembang tentu saja membuat jurusan ini semakin berkembang dan dibutuhkan di dunia.

Beberapa orang mengambil jurusan informatika karena mengejar gengsi akan passing grade yang tinggi. Faktanya tenik informatika memiliki posisi passing grade yang termasuk paling tinggi dalam sebuah perguruan tinggi, contohnya di ITB.


Padahal sebenarnya dalam jurusan informatika ini membutuhkan passion. Tidak semua orang cocok dengan dunia informatika yang mana bidang pekerjaannya akan berkutat didepan laptop atau komputer. Karena ada orang yang lebih cocok bekerja di lapangan dan akan cepat bosan jika berada pada jurusan ini. Terlebih lagi seseorang akan kebingungan apabila salah masuk jurusan informatika ketika melihat kode-kode "aneh" dalam komputer yang bahkan dapat membuatnya pusing hingga menyerah dan berujung DO (Drop Out).

Cukup banyak kasus mahasiswa DO pada jurusan informatika ini. Dan banyak juga mahasiswanya yang lulus karena belas kasihan dosen. Kasus ini biasanya terjadi di kampus-kampus ternama. Karena dikampus biasa, jurusan teknik informatika tidak akan terasa sulit karena perkuliahannya yang lebih santai dan mudah mendapatkan nilai.

Bagi yang hendak memilih jurusan teknik informatika, sebaiknya kamu memikirkan matang-matang terlebih dahulu. Coba cari tahu mengenai apa saja yang diajarkan dalam jurusan tersebut. Apakah kamu merasa tertarik dengan bidang teknik informatika ini? Seperti hal-hal yang berhubungan dengan perangkat lunak, game, website, jaringan, aplikasi, dll.

Pastikan kamu tidak hanya melihat jurusan teknik informatika karena prospeknya yang bagus, apalagi hanya karena passing grade yang tinggi.

0 comments:

Post a comment