Tuesday, 3 November 2015

Filled Under:

IPK 3.5 ITB UI Mudah Jadi PNS?

Yuddy Chrisnandi,Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, akan merekrut lulusan mahasiswa terbaik untuk dijadikan sebagai PNS atau Pegawai Negeri Sipil.

Setiap tahunnya kurang lebih 120 ribu PNS akan pensiun. Untuk mengganti posisi mereka, mahasiswa terbaik dengan predikat cum laude akan direkrut pada tahun 2016.

"kami beri jalur khusus untuk lulusan terbaik, dari perguruan tinggi ternama nilai IPK 3,5 ke atas," ujar Yuddy, Senin 2 November 2015.

Mahasiswa dengan IPK 3,5 tersebut harus dari kampus negeri seperti kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), dan lainnya.

"Jadi, kami buat kriteria berdasarkan standar objektif, tidak sembarangan kampus," katanya.

Sebenarnya tetap ada tes yang diberikan, hanya saja tidak dibuat rumit. Hanya tes administratif dan tes wawancara saja.


"Orang pintar-pintar kalau lulusan ITB (Institut Teknologi Bandung), apalagi mendapatkan peringkat cumlaude. Kami mau ngetes apanya. Jangan-jangan kami diketawain sama mereka," katanya.

Namun memang belum ada detail mengenai persyaratan dan prosedur untuk proses seleksi menjadi PNS bagi lulusan ITB, UI, dsb tersebut.

Masalah kuota juga belum dijelaskan lebih lanjut bagi para lulusan terbaik tersebut untuk menjadi PNS pada tahun 2016 mendatang.

0 comments:

Post a comment