Monday, 2 November 2015

Filled Under:

Kelebihan dan Kekurangan Kuliah di STIKES

Seperti yang diutarakan pada artikel alasan memilih jurusan kesehatan, tentu saja terlihat bahwa jurusan kesehatan sangat bagus untuk dipilih, apalagi jika kamu memiliki passion di bidang kesehatan. Hal tersebut artinya STIKES ( Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) memiliki tempatnya tersendiri bagi masa depan kamu. Kelebihan dan Kekurangan STIKES memang tidak terdefinisi secara jelas. Hal tersebut dikarenakan kualitas antara kampus STIKES yang satu dengan yang lainnya tentu saja berbeda.


Ketika kamu memutuskan untuk mengambil STIKES, tentunya kamu akan dihadapi dengan kuliah-kuliah yang cukup berat karena bidang kesehatan memiliki banyak sekali hal yang harus dipelajari. Selain itu dalam bidang kesehatan juga kita tidak oleh asal-asalan belajar karena seorang tenaga kesehatan berurusan langsung dengan manusia. Apabila salah-salah dapat mempengaruhi kesehatan, dan bahkan nyawa seseorang.

STIKES sebagai sekolah tinggi bidang kesehatan memiliki kompetensi yang baik untuk membentuk tenaga kesehatan profesional. Karena sekolah ini memang benar-benar berfokus pada bidang kesehatan membuat lulusan STIKES dipakai oleh instansi-instansi yang membutuhkan tenaga kesehatan.

Sayangnya nama baik STIKES tercoreng dengan banyaknya bermunculan kampus STIKES abal-abal. Karena cukup banyak kampus STIKES yang hanya sekedar memberikan gelar kepada mahasiswanya tanpa memperdulikan kualitas pendidikannya. Hal tersebut menyebabkan lulusan STIKES banyak yang tidak terlalu ahli dalam bidangnya menyebabkan kualitas lulusan STIKES menjadi buruk.


Namun sebenarnya banyak juga kampus STIKES yang berkualitas. Salah satu contoh kampus STIKES yang berkualitas adalah yang tidak menerima mahasiswa baru melalui jalur belakang atau menyogok. Karena kebanyakan untuk dapat masuk kampus STIKES ada jalur belakangnya hanya dengan membayar sejumlah uang tertentu. Tentu saja mahasiswa yang menyogok tersebut biasanya memiliki kepintaran dibawah rata-rata yang akan merusak kualitas STIKES. Selain itu dilihat dari sisi fasilitas juga antara STIKES yang satu dengan lainnya cukup jauh berbeda.

Dalam hal kualitas tenaga pengajar sebenarnya beberapa STIKES sudah menerapkan standar yang cukup tinggi. Ada yang mensyaratkan minimal S2 agar dapat menjadi dosen di STIKES, namun ternyata ada juga yang cukup S1 saja untuk menjadi dosen disana.

Jika kamu berencana kuliah di STIKES, ada baiknya kamu benar-benar memilih kampus STIKES yang dituju. Karena tidak semua STIKES memiliki kualitas yang bagus, dan tidak semua STIKES juga memiliki kualitas yang buruk.

0 comments:

Post a comment