Tuesday, 17 November 2015

Filled Under:

LinkedIn, Solusi Mencari Kerja Tanpa Melamar

LinkedIn adalah situs sosial media yang dikhususkan untuk kalangan profesional. Pengguna di LinkedIn dapat mengisi informasi pribadinya yang isinya hampir serupa dengan apa yang ada pada Curriculum Vitae (CV). Sehingga para HRD perusahaan dapat dengan mudah mencari kandidat karyawannya dengan melihat profil para pengguna LinkedIn.

Dengan menggunakan LinkedIn, biasanya seorang pengguna bisa saja mendapatkan panggilan untuk interview melalui pesan pribadi yang dikirimkan oleh HRD dari suatu perusahaan tanpa perlu melamar ke perusahaan tersebut.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, saya sudah beberapa kali dipanggil untuk interview oleh beberapa perusahaan melalui LinkedIn. Namun sayangnya saya belum pernah mencoba menerima panggilan itu karena ketika mendapatkan panggilan interview tersebut kebetulan saya sudah diterima kerja di sebuah perusahaan. Sehingga saya tidak begitu mengetahui prosedur selanjutnya apabila mendapatkan panggilan interview melalui LinkedIn, apakah masih perlu mengiriman CV atau tidak. Karena biasanya saya hanya membalas panggilan tersebut dengan ucapan terima kasih beserta dengan memberitahukan alasan kenapa saya tidak dapat memenuhi panggilan tersebut.


Tips agar mendapatkan panggilan interview melalui LinkedIn adalah pastikan kamu memberikan informasi sedetail mungkin disana, khususnya terkait dengan kemampuan, pendidikan, dan juga pengalaman yang pernah kamu miliki. Berusahalah sebisa mungkin melengkapi data-data yang dibutuhkan pada situs LinkedIn tersebut.

Namun sebenarnya cari kerja via LinkedIn juga kita bisa saja dilakukan dengan melamar langsung kepada perusahaan tertentu yang apabila saat itu sedang membuka lowongan. Karena melalui LinkedIn kita bisa mendapatkan informasi berupa lowongan-lowongan dari perusahaan tertentu yang sedang membutuhkan karyawan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

0 comments:

Post a comment