Monday, 23 November 2015

Filled Under:

Pengangguran di Sektor Pertambangan Semakin Tinggi

PHK besar-besaran yang dilakukan oleh banyaknya perusahaan tambang di Indonesia mengakibatkan semakin banyaknya pengangguran di sektor pertambangan. Sumber daya yang semakin sedikit akibat diekploitasi secara berlebihan menyebabkan banyak perusahaan pertambangan yang gulung tikar alias bangkrut.

Kini nasib Indonesia sedang di ujung tanduk karena sejak dulu terlalu mengandalkan sektor pertambangan. Ketika sumber daya alam mulai habis, perusahaan pertambangan bangkrut, dan para pekerja tambang akan menjadi pengangguran.

Dampaknya pun kini mulai terasa bagi para lulusan pertambangan yang semakin banyak menjadi pengangguran. Hal itu dikarenakan mereka sangat kesulitan mencari lowongan di bidang pertambangan. Padahal ilmu yang mereka dapatkan dibangku kuliah hanya cocok untuk diaplikasikan di perusahaan dengan bidang pertambangan saja.

Cukup banyak yang menyesal karena berkuliah di jurusan pertambangan. Salah seorang orang tua mahasiswa yang kuliah di jurusan pertambangan juga cukup kecewa dengan kondisi pertambangan yang semakin terpuruk ini "Saya juga tidak tahu bagaimana nasib anak saya nanti, pertambangan sudah mulai lesu".


Ketika sudah begini, lantas siapa yang harus disalahkan? Perusahaan-perusahaan yang tidak bertanggung jawab mengeksploitasi sumber daya secara berlebihan dan juga pemerintah yang kurang tegas dan kurang mengontrol aktivitas tambang dipercaya sebagai penyebabnya.

0 comments:

Post a comment