Sunday, 15 November 2015

Filled Under: ,

Pilih Kuliah atau Kerja? Apakah Perlu Jadi Sarjana?

Ketika seseorang akan lulus dari tingkat sekolah menengah atas (SMA), tentu saja dia akan dihadapi dengan pilihan ini, apakah pilih kuliah? atau kerja? Atau bahkan seseorang yang sudah terlanjur masuk kuliah yang salah (salah jurusan), mereka mulai berpikir untuk Drop Out (DO) saja dan mempertimbangkan untuk kerja saja.

Sebenarnya menurut saya tergantung dari apa tujuan kuliah kamu dulu, apakah kamu kuliah untuk mencari ilmu? Untuk mendapatkan kerja yang lebih baik? Atau justru hanya sekedar ikut-ikutan orang saja? Bahkan ada juga yang ditanya apa tujuan kuliahnya justru menjawab sebagai jalan untuk mendapatkan jodoh. Ya memang apapun alasannya sebenarnya tidak ada masalah. Namun alasan yang tepat akan menentukan mana yang lebih baik antara kuliah atau kerja.

Apakah memang dengan kuliah kamu bisa mendapatkan ilmu? Tentu saja hal ini benar, karena dengan kuliah kamu akan belajar banyak hal terkait dengan jurusan yang kamu ambil. Namun kamu akan mendapatkan ilmu kalau kamu benar-benar kuliah, bukannya hanya sekedar main-main atau tidur dikelas saja. Kalau kamu tidak serius kuliahnya, buat apa pilih kuliah? Toh ilmu juga bisa didapatkan saat kamu kerja bukan? Asalkan kamu kerjanya bukan main-main, dan tidak cuman ditidur di tempat kerja. :D


Apakah memang dengan kuliah kamu bisa mendapatkan kerjaan yang lebih baik? Tentu saja hal ini juga bisa dibilang benar, karena dengan kuliah kamu bisa melamar ke berbagai posisi yang mensyarakat minimal memiliki ijazah Sarjana. Jaman sekarang sebenarnya sudah sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang enak tanpa ijazah Sarjana. Sarjana saja sulit mendapatkan pekerjaan, apalagi yang bukan sarjana bukan? Namun apabila kamu tidak tertarik untuk mendapatkan pekerjaan dengan posisi yang lebih baik, mungkin pilih kerja saja sudah cukup tanpa harus kuliah. Karena memang pada kenyataannya banyak juga orang yang cukup puas mendapatkan pekerjaan yang tanpa mensyarakatkan ijazah Sarjana, seperti kerja sebagai penjaga supermarket, satpam, kasir, buruh, dan lain-lain.

Nah disini saya sebenarnya memilih opsi yang pertama, yaitu kuliah dulu baru kerja. Mengapa? Hal tersebut sebenarnya tidak lain karena saya ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, dan tentu saja gajinya lebih besar dikit lah. Alhamdulillah hal tersebut bisa saya capai sesuai dengan rencana awal saya memutuskan untuk kuliah. Karena setelah lulus kuliah, saya sudah dapat langsung bekerja ke negeri orang, bahkan sebenarnya saya sudah diterima kerja sebelum saya wisuda dengan gaji yang lumayan lah, diatas 50 juta-an per bulan.

Namun sebaiknya ketika kamu memutuskan untuk memilih untuk kuliah, sebaiknya jangan asal-asalan dalam memilih kampus maupun jurusannya. Pastikan jurusan dan kampus yang kamu pilih itu benar-benar bagus dan berprospek cerah di masa yang akan datang. Selain itu, sebaiknya memang yang kamu pilih itu benar-benar membuat kamu tertarik. Jangan sampai kamu memutuskan berhenti ditengah jalan karena kamu merasa salah masuk jurusan atau salah masuk universitas.

0 comments:

Post a comment