Monday, 2 November 2015

Filled Under:

Setelah Lulus, Pilih Jadi Pekerja atau Pengusaha?

Bingung memilih jadi pekerja atau pengusaha biasanya dihadapi oleh orang-orang yang memiliki keinginan pada kedua sisi pekerjaan tersebut karena memang kedua hal tersebut ada untungnya masing-masing. Terlebih lagi bagi para lulusan baru atau fresh graduate, mereka tentu saja akan dilanda kebingungan ketika hendak menentukan masa depan mereka.

Baik jadi pekerja terlebih dahulu ataupun jadi pengusaha terlebih dahulu, sebenarnya kedua pilihan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan jika kamu memilih jadi pekerja atau pengusaha dulu.

Kelebihan jadi Pekerja atau Pengusaha Lebih Dulu:

Pekerja, Kamu akan mendapatkan pengalaman bagaimana rasanya bekerja menjadi bawahan orang lain. Pengalaman ini akan membuatmu mengetahui apa yang diinginkan oleh seorang pekerja, dan bagaimana sebaiknya kamu bersikap ketika suatu saat kamu memimpin orang lain. Tentunya karena kamu pernah merasakan sebagai seorang pekerja, kamu setidaknya akan mengerti bagaimana rasanya tekanan dari atasan yang membuatmu jengkel ataupun jenuh bekerja disuatu tempat. Selain itu, dengan menjadi pekerja lebih dahulu, maka kamu dapat mengumpulkan modal yang dapat digunakan untuk usahamu nanti.

Pengusaha, Kamu akan langsung merasakan bagaimana kerasnya dunia bisnis. Kamu langsung mulai belajar sejak awal, sehingga kegagalan akan menjadi hal yang biasa buat kamu. Terlebih lagi karena kamu adalah orang yang baru lulus, tentu saja kegagalan dapat dipandang biasa saja oleh orang lain. Tidak ada beban yang terlalu besar ketika kamu mengalami kegagalan, karena jalan hidupmu masih panjang dan mungkin saja kamu dapat mencoba berbagai peluang lainnya.


Kekurangan jadi Pekerja atau Pengusaha Lebih Dulu:

Pekerja, Kamu bisa-bisa terlambat dalam memanfaatkan peluang bisnis yang mungkin sedang berkembang saat itu. Mungkin saja saat itu kamu sedang memiliki ide brilian, namun semuanya menghilang karena ide kamu sudah dieksekusi oleh orang lain terlebih dahulu. Ketika kamu memutuskan menjadi pekerja, kamu harus menahan kesabaran ketika melihat usaha-usaha orang lain semakin berkembang, sementara kamu masih disitu-situ saja menunggu karir yang tak kunjung meningkat.

Pengusaha, Kamu mungkin akan kesulitan dalam hal modal. Hal ini tidak berlaku bagi kamu yang memiliki orang tua kaya raya. Karena untuk memulai usaha tentu saja memerlukan modal awal agar usahamu dapat berjalan. Biasanya pada tahap ini kamu akan bingung melanjutkan usahamu karena kekurangan modal apabila kamu belum memiliki tabungan. Selain itu butuh kerja keras yang ekstra dan tekad yang kuat. Karena perlu diingat, jadi pengusaha bearti kamu menjadi bos bagi diri kamu sendiri juga. Apabila kamu bermalas-malasan, tentu saja hal tersebut dapat membuat usahamu tidak berkembang.

0 comments:

Post a comment