Tuesday, 17 November 2015

Filled Under:

Tahun 2022, Dibutuhkan 6,2 Juta Profesi Cloud Computing

Lulusan IT nampaknya akan semakin dibutuhkan di masa depan. Bahkan diperkirakan sebanyak lebih dari 6 juta profesi di industri berbasis cloud computing (Komputasi Awan) akan dibutuhkan pada tahun 2022.

"Tahun 2022 diperkirakan sebanyak 6,2 juta profesi baru akan muncul akibat boomingnya industri berbasis cloud computing" ungkap Bruce Thompson,  Director of Asia - Worldwide Education Microsoft Corporation Singapore, dalam acara Bett Asia Leadership Summit 2015 di Singapura.

Sebanyak 51 persen adalah pekerjaan terkait komputerisasi, 27 persennya pekerjaan di bidang teknik, sedangkan sisanya merupakan pekerjaan di bidang lainnya, seperti finansial, logistik, dll.

Menurut Bruce, agar dapat menyambut era teknologi yang semakin berkembang ini, proses belajar mengajar harus menerapkan penggunaan teknologi, misalnya dengan metode flipped classroom. Flipped classroom adalah metode belajar dimana siswa akan mempelajari materi pelajarannya di rumah menggunakan file digital, baik berupa dokumen maupun video yang telah disediakan oleh gurunya di cloud server. Kemudian, siswa datang ke kelas hanya untuk melakukan diskusi atau mengerjakan berbagai tugas atau proyek.


Oleh karena itu dalam hal ini peran guru sangat penting. Para guru harus menguasai penerapan mekanisme pembelajaran secara online ini, baik memberikan tugas, nilai, hingga melakukan pemberian reward atau prestasi kepada siswa berbasis digital.

0 comments:

Post a comment