Sunday, 8 November 2015

Filled Under:

Tips Menghadapi Sidang Skripsi atau Tugas Akhir

Sidang skripsi atau tugas akhir memang sering membuat orang gugup tak karuan. Karena dalam sidang ini seseorang akan diuji terkait tugas akhir atau skripsi yang dibuatnya dihadapan para dosen penguji. Dalam sidang ini kamu harus mempertanggungjawabkan setiap pekerjaan yang kamu lakukan.

Sebenarnya sidang skripsi itu tidak perlu menyeramkan, asalkan dosen penguji kamu bukan dosen killer. Apalagi kalau dosen pengujimu adalah dosen yang super baik. Kamu bahkan tidak akan merasakan ketegangan masa-masa sidang seperti yang dialami oleh orang lain. Apabila pada jurusan kamu dapat memilih sendiri dosen pengujinya, maka pastikan dari jauh-jauh hari kamu sudah menghubungi dosen yang paling baik di jurusanmu tersebut. Namun apabila ternyata kamu tidak diperbolehkan untuk memilih dosen penguji sendiri, maka ada baiknya kamu banyak-banyak berdo'a agar tidak diuji oleh dosen killer, hahaha.

Pengalaman saya sidang di jurusan Teknik Informatika ITB, kami tidak dapat memilih dosen penguji sendiri. Dosen penguji akan ditentukan oleh dosen mata kuliah tugas akhir, atau ada juga yang bilang akan ada masa "Oprec" dimana para dosen yang memilih sendiri topik atau mahasiswa mana yang ingin mereka uji sesuai dengan keinginannya. Biasanya sih alasan kecocokan jadwal yang mereka utamakan, tak jarang juga masalah kecocokan bidang menjadi pertimbangan seorang dosen menguji seorang mahasiswa.


Dulu saya mendapatkan dua orang penguji yang cukup baik. Jadi ketika sidang saya justru tidak merasakan adanya tekanan yang berarti, serasa seperti presentasi biasa saja. Tentu saja berbeda dengan beberapa teman saya yang lain yang harus berhadapan dengan dosen killer, atau justru yang lebih mengerikan ketika berhadapan dengan dosen yang sudah terkenal sering membuat mahasiswanya gagal dalam sidang tugas akhir.

Beberapa hari sebelum sidangmu dimulai, sebaiknya kamu sudah mulai mencari informasi siapa yang akan mengujimu nanti. Hal ini dilakukan agar kamu dapat mempersiapkan mentalmu karena kamu akan tidak terlalu terkejut nanti ketika bertemu dengan siapa dosen pengujimu. Cobalah tanyakan kepada dosen pembimbingmu. Beberapa dosen pembimbing biasanya berbaik hati menyampaikan siapa dosen penguji kita.

Selain itu, pastikan semua peralatan atau kebutuhan sidang sudah dipersiapkan dengan baik beberapa hari sebelum sidang. Jangan sampai ketika beberapa saat sebelum sidang justru ada yang belum disiapkan. Hal ini akan membuatmu panik dan konsentrasimu buyar ketika menghadapi sidang nanti. Meskipun kamu merasa semuanya sudah dipersiapkan dengan baik, sebaiknya periksa kembali semuanya ketika H-1 sidang.

Hindari belajar terlalu larut malam ketika H-1 sidang. Seharusnya kamu sudah tidak perlu belajar lagi selama Tugas Akhir yang kamu kerjakan adalah atas hasil usahamu sendiri bukan? Namun memang ada baiknya beberapa hari menjelang sidang kamu coba latihan menyampaikan presentasi secara berulang-ulang agar kamu dapat mengestimasi berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menyampaikan keseluruhan presentasi yang kamu buat. Selain itu kamu juga mungkin dapat membuat daftar pertanyaan-pertanyaan yang mungkin saja ditanyakan oleh dosen, kemudian jangan lupa persiapkan juga jawababnnya.

Dan yang tips yang terakhir dari saya adalah pastikan datang ke tempat sidang lebih cepat dari waktu yang dijadwalkan. Ada baiknya 40 menit sebelum sidang kamu sudah ada ditempat. Hal tersebut karena kamu harus mempersiapkan alat atau bahan presentasimu, seperti proyektor, ruangan, dll. Karena bisa saja ruanganmu masih di kunci atau proyektor disana kebetulan rusak. Segera hubungi petugas yang bertanggung jawab untuk hal tersebut apabila hal yang tidak diinginkan ini terjadi.

0 comments:

Post a comment