Wednesday, 30 December 2015

Filled Under:

Beasiswa Kuliah di AS, Lihat di UIN Ar-Raniry

Informasi tentang beasiswa kuliah di Amerika Serikat (AS) kini dapat dilihat Pusat Pendidikan AS, Education USA Aceh Center, tepatnya di lantai 2 Gedung Museum UIN Ar-Raniry, Banda Aceh. Tempat tersebut telah diresmikan oleh Dr Sarah Sewall, Wakil Menteri Luar Negeri AS.

Pusat Pendidikan AS yang biasa disebut dengan "American Corner" itu dapat memberikan informasi berupa beasiswa S1, S2, dan S3 di seluruh universitas di AS. Sehingga dengan adanya American Corner di UIN Ar-Raniry ini, masyarakat, khususnya di daerah Aceh akan lebih mudah lagi mencari informasi untuk kuliah di AS.

Menurutnya Sarah, Amerika mengapresiasi kemajuan Aceh yang berhasil setelah melewati konflik dan tsunami. Menurutnya dunia harus belajar dari Aceh.

Sarah juga menjelaskan sebenarnya AS memang selalu memprioritaskan bantuan pendidikan kepada negara berkembang yang memiliki paham demokrasi, contohnya Indonesia.

Sarah menjelaskan bahwa AS sebenarnya ingin mengetahui lebih lanjut dengan mempelajari pemberlakuan syariat Islam yang diterapkan di Aceh. Pihaknya memang sering mendengarkan berita negatif akan pemberlakukan syariat Islam di Aceh.


Prof Dr Farid Wajdi MA, Rektor UIN Ar-Raniry, menjelaskan bahwa program tersebut merupakan perwujudan dari MoU antara Pemerintah AS dengan Pemerintah Aceh, yang direalisasikan melalui UIN Ar-Raniry, Banda Aceh. Katanya fasilitas yang ada pada tempat tersebut dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Aceh, baik kalangan pelajar maupun kalangan profesional.

Ungkap Farid, ketika ingin mendaftar, aplikasi beasiswa kuliah di AS juga dapat dibantu oleh staf yang bertugas disana.

Dia menambahkan, pengunjung tidak hanya mendapatkan informasi tentang kuliah di AS saja, namun juga bisa mendapatkan informasi berupa program short course dan juga berbaga kegiatan pendidikan lainnya.

Di sumatera sendiri tempat ini baru ada 2, yaitu di Banda Aceh dan salah satunya di Padang.

0 comments:

Post a comment