Friday, 11 December 2015

Filled Under:

Jangan Jadi Mahasiswa yang Hanya Kuliah Saja

Memang sebagai mahasiswa tugas utamanya adalah kuliah. Datang kuliah, belajar dengan sungguh-sungguh, mengerjakan tugas dan ujian dengan baik, semua itu memang bagian dari tugas dan tanggung jawab seorang mahasiswa. Namun hanya melakukan hal tersebut tidaklah cukup. Mengapa?


Karena berdasarkan yang sudah-sudah, mahasiswa yang tipe "kupu-kupu" atau kuliah pulang kuliah pulang, akan kesulitan dalam menghadapi ketatnya persaingan di dunia kerja. Mereka akan terancam menjadi seorang sarjana pengangguran. Bahkan dalam kehidupan pekerjaan pun mahasiswa ini akan kesulitan berkembang.

Padahal dalam kehidupan kampus, banyak hal yang bisa digali lagi. Misalnya saja ikut organisasi, kerja part-time, ikut kegiatan volunteer dalam masyarakat, ikut seminar & workshop, dan masih banyak kegiatan positif lainnya. Dengan adanya kegiatan sampingan diluar kegiatan utama kuliah, hal ini akan menambah nilai plus seorang mahasiswa. Mahasiswa ini akan menjadi lebih siap menghadapi dunia kerja. Tidak hanya itu, mahasiswa yang pandai memanfaatkan waktunya untuk terjun dalam kegiatan positif ini juga biasanya akan lebih dilirik oleh perusahaan.


Namun memang ketika memutuskan untuk mengikuti kegiatan tambahan selain kuliah, kita harus benar-benar membagi waktu dengan baik. Jangan sampai kuliah yang seharusnya menjadi tugas utama seorang mahasiswa malah ditinggalkan. Memiliki nilai yang baik pun tetap wajib dimiliki oleh seorang mahasiswa. Tidak perlu sempurna, asal tidak jelek saja sudah cukup.

0 comments:

Post a comment