Tuesday, 29 December 2015

Filled Under:

Kuliah di Jerman? Begini Pendidikan di Jerman

Banyak orang yang sangat ingin kuliah di Jerman. Alasannya tidak lain karena banyaknya beasiswa dari Pemerintah Jerman untuk para pelajar asing. Sehingga orang-orang dari luar jerman bisa merasakan kuliah gratis di Jerman.

Sistem pendidikan di Jerman segalanya sudah dilakukan secara online, baik untuk mengelola urusan universitas hingga kegiatan perkuliahan disana.

Salah satu situs pembelajarannya adalah ILIAS. Dengan menggunakan ILIAS, pelajar dapat mengakses materi perkuliahan dan konten-konten untuk kepentingan pendidikan lainnya. Di perpustakaan di Jerman juga sudah dilengkapi dengan sistem untuk menjaga kehilangan buku akibat pinjam meminjam buku.

Tidak hanya harus memilih jurusan kuliahnya sendiri dengan tepat, mahasiswa di Jerman juga harus bisa memilih mata kuliah dan materi perkuliahan mereka sendiri. Kamu harus bisa mengatur jadwal perkuliahanmu sendiri. Agar dapat menentukan jadwal perkuliahan dengan tepat, sebenarnya kamu dapat meminta saran kepada senior ataupun petugas kampus.

Perkuliahan di Jerman juga dibagi kedalam dua masa, yaitu summer dan winter. Dimana pada masa setengah tahunnya, seorang mahasiswa akan dituntut untuk belajar, sementara setengah tahun lagi dijadikan sebagai masa kuliah bebas. Maksudnya disini adalah awalnya mahasiswa belajar di kampus, dan kemudian setengah tahun lagi dilanjutkan dengan memanfaatkan waktu seperti magang ataupun berlibur.


Karakter dosen memang dimana-mana tidak ada yang sama persis. Namun pada umumnya dosen menjelaskan materi di depan kelas seperti kampus-kampus di negara lain pada umumnya. Selain itu dosen juga terkadang bertanya kepada mahasiswa tentang materi-materi kuliah. Ada juga seminar yang dapat digunakan untuk dosen dan mahasiswa saling bertukar pikiran.

Setiap kampus disana juga sudah menyediakan konselor yang dapat membantu menjawab berbagai hal tentang studi disana ataupun bagaimana proses belajar mengajar disana. Selain konselor, ada juga grup mahasiswa seperti KM di kampus tersebut yang siap untuk membantumu dalam menjawab pertanyaan yang ingin kamu ajukan terkait proses pembelajaran di sana.

0 comments:

Post a comment