Saturday, 19 December 2015

Filled Under:

Kuliah Online dari Kedubes AS untuk Warga Indonesia

Kedubes Amerika Serikat (AS) bersama dengan American Corner Universitas Muhammadiyah Malang (Amcor UMM) mengadakan sosialisasi Massive Open Online Course (MOOC) di Aula Perpustakaan Pusat UMM, pada hari Kamis tanggal 29 Oktober 2015. MOOC adalah program kuliah singkat dengan Amerika Serikat yang dilakukan melalui situs www.atamerica.or.id.

Menurut Deborah L Mak, Koordinator electronic education Kedubes AS, masyarakat umum dapat mengikuti kuliah dari para ahli Amerika Serikat tanpa perlu datang langsung ke Amerika. Lulusan kuliah ini bahkan mendapakan sertifikat legal langsung dari Kedubes AS.

"Jurusan di MOOC sangat banyak, bahkan ada jurusan yang spesifik seperti program musik dan kepemimpinan. Tidak hanya itu, Mentornya pun sudah ahli," ujar Deborah L Mak.

MOOC sebenarnya telah beroperasi sejak April 2015. MOOC terus berkembang hingga saat ini telah memiliki sebanyak dua ribu peserta didik. Tidak hanya dari pelajar SMA dan mahasiswa, bahkan dosen, hingga masyarakat umum juga mengikuti kuliah online tersebut.


Program MOOC sebenarnya tidak hanya menggunakan bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional saja, namun juga menggunakan bahasa Indonesia sehingga masyarakat umum juga dapat dengan mudah mengikuti program ini.

Pertemuannya diadakan setiap Sabtu dengan durasi antara empat pekan hingga sepuluh pekan. Namun kata program coordinator Amcor UMM, Heru Wibowo, jadwal dan lamanya pertemuan dapat bergantung dari jurusan yang diambil.

Tidak hanya sosialisasi MOOC saja, Kedubes AS juga akan mengadakan kegiatan entrepreneurship.

0 comments:

Post a comment