Monday, 21 December 2015

Filled Under:

Pelajar Asing Meningkat di AS, Pelajar AS Enggan Ke Luar Negeri

Pelajar asing yang belajar di Amerika Serikat (AS) terus meningkat dan bahkan mencapai rekor tertinggi. Namun hal ini tidak diiringi dengan pelajar AS yang menuntut ilmu di luar negeri. Para pelajar AS banyak yang lebih memilih untuk belajar di negaranya sendiri.

Berdasarkan data dari organisasi nirlaba Institute of International Education, pelajar internasional di AS bahkan telah meningkat hingga 10 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut merupakan yang tertinggi selama lebih dari 35 tahun terakhir. Peningkatan pelajar international yang berada di Amerika Serikat ini disebabkan oleh semakin banyaknya pelajar India dan China yang menuntut ilmu di AS.

Jumlah pelajar yang berasal dari India sendiri bahkan meningkat hingga 30 persen. Kenaikan tersebut merupakan yang paling tinggi sejak 60 tahun terakhir.


Namun sayangnya peningkatan tersebut tidak dibarengi dengan peningkatan jumlah pelajar Amerika Serikat yang belajar di luar negeri. Peningkatan pelajar AS yang belajar di luar negeri hanya meningkat sebesar 5 persen saja. Bahkan tidak sampai 2 persen siswa S1 (Sarjana) yang kuliah di luar negeri.

Dalam upaya meningkatkan pelajar AS yang ingin belajar di luar negeri, Deplu AS berencana membuka kantor baru untuk mengajak para pelajar AS belajar di luar negaranya.

0 comments:

Post a comment