Saturday, 12 December 2015

Filled Under:

Tidak Ada Kabar Setelah Interview? Jangan Panik !

Ketika kamu merasa lancar melewasi fase interview, kamu sangat yakin lolos dan diterima di perusahaan itu. Namun bagaimana jika setelah berhari-hari, dan bahkan berminggu-minggu, tidak ada juga kabar dari perusahaan mengenai hasil interviewmu. Apakah kamu masih ada kemungkinan diterima? Atau justru telah ditolak?

Kejadian digantung oleh perusahaan ini memang sering terjadi pada para calon karyawan. Terkadang hal tersebut dapat membuat mereka frustasi alias galau karena tidak ada kejelasan juga dari pihak perusahaan. Mau ngelamar lagi di perusahaan lain takut ternyata sebenarnya akan diterima oleh perusahaan tersebut, mau menunggu terus takut ternyata sebenarnya sudah ditolak.

Sebaiknya jika kamu sedang dalam posisi ini, jangan panik dulu. Lakukan 4 hal berikut dan hindari 4 hal selanjutnya yang akan dijelaskan di artikel ini:


Lakukan hal berikut apabila kamu digantung oleh perusahaan:

1. Mudah Dihubungi

Jangan terlalu memikirkan pengumuman dari perusahaan, misalnya hingga tiap menit sekali membuka email. Jalani saja hidupmu seperti biasa. Namun tentu saja pastikan kamu dapat dihubungi dengan baik. Jika kamu melihat ada pesan masuk dari perusahaan, segera balas pesan mereka. Jangan sampai justru nanti kesannya kamu yang menggantung perusahaan.

2. Beri Batas Waktu

Sebenarnya memang sebaiknya kamu menghubungi perusahaan untuk menanyakan kejelasan akan statusmu. Namun jangan terburu-buru, kamu harus memperkirakan waktu yang tepat untuk menghubungi perusahaan setelah interview. Misalnya dalam dua minggu atau bahkan satu bulan setelah interview, baru kamu menghubungi hrd via email atau mungkin telpon jika memungkinkan. Setelah menghubungi via email, tanpa perlu menunggu balasan terlalu lama, sebenarnya kamu sudah dapat move on untuk melamar ke perusahaan lain.

3. Selalu Sopan

Sekesal-kesalnya kamu ketika digantung oleh perusahaan, jangan sampai mereka mengetahui kekesalan kamu kepada mereka. Jangan update hal yang buruk tentang perusahaan di media sosial kamu. Selain itu ketika berkomunikasi dengan perusahaan, pastikan kamu selalu menggunakan kata-kata yang sopan dan halus.

4. Jadikan Sebagai Pengalaman

Sebenarnya kamu mendapatkan pengalaman ketika digantung oleh perusahaan. Kamu menjadi tahu bahwa sebenarnya penolakan tidak mesti berupa pengumuman atau pesan, tidak mendapatkan respon apapun merupakan salah satu bentuk penolakan dari pihak perusahaan. Sehingga untuk kedepannya, apabila kamu sudah terlalu lama tidak mendapatkan respon setelah sesi interview, bisa saja itu artinya kamu sudah ditolak oleh perusahaan.

Selain hal-hal yang harus dilakukan diatas, kamu juga sebaiknya jangan melakukan hal-hal berikut:

Jangan Lakukan Ini

1. Kecil Hati

Tidak diterimanya kamu di perusahaan tersebut bukan berarti kamu tidak mampu. Sebenarnya bisa saja karena kebetulan sudah ada orang lain yang lebih dulu mengisi posisi tersebut, atau mungkin masih ada alasan lain yang mereka pertimbangkan, mungkin saja karena kamu terlalu hebat sehingga perusahaan merasa tidak sanggup membuat dirimu berkembang disana. Oleh karena itu jangan jadikan penolakan dari perusahaan tersebut sebagai hal yang membuat kamu stress dan frustasi. Jadikan saja hal tersebut sebagai pengalaman berharga bagimu.

2. Merusak Reputasi Kamu

Bila kamu mengungkapkan kekesalan kamu di media sosial, atau justru menjelek-jelekkan perusahaan tersebut, kamu tidak hanya membuat perusahaan tersebut semakin membencimu, bahkan kamu bisa saja akan dicap buruk oleh perusahaan-perusahaan lain yang melihat tingkah lakumu tersebut. Faktanya HRD kini melihat akun sosial media kandidatnya sebagai bahan pertimbangan dalam penilaian.

3. Mengirim Pesan Terlalu Banyak

Mengirim pesan atau menelepon interviewer secara terus-menerus menjadikan kamu sebagai pribadi yang menyebalkan. Apalagi jika kamu mengejar interviewer melalui media sosial pribadi mereka. Semua hal itu sama sekali tidak boleh dilakukan jika tidak ingin ditandai sebagai orang yang berperilaku negatif.

4. Jangan Terpaku Pada Satu Pekerjaan Saja

Selalu mempersiapkan diri kamu untuk kemungkinan terburuk, yaitu ditolak perusahaan. Meskipun kamu merasa fase interviewmu berjalan sangat lancar, tetap jangan hanya bergantung pada satu pekerjaan tersebut saja. Karena banyak sekali faktor lain yang bisa saja membuatmu tidak lolos. Sehingga pastikan kamu tetap melirik kesempatan lain.

0 comments:

Post a comment