Friday, 1 January 2016

Filled Under:

Sudah Lulus Tapi Masih Nganggur? Lakukan Hal Ini

Mungkin memang kamu sudah lulus kuliah, tapi kerjaan tak kunjung juga dapat. Sebagai seorang fresh graduate sering kali kita merasa kecewa karena sudah susah-susah kuliah dan mengerjakan skripsi, dan bahkan sudah senang-senang merasakan wisuda, justru akhirnya malah masih nganggur juga.

Belum lagi karena belum kerja, tentu saja mau tidak mau masih juga meminta uang dari orang tua. Hal tersebut dikarenakan mencari kerja juga terkadang membutuhkan biaya, seperti biaya transportasi dan juga mencetak CV, termasuk biaya internet apabila kamu mencari kerja melalui internet.

Agar tidak terlalu membebankan orang tua dalam hal biaya pengeluaran, sebaiknya fresh graduate melakukan hal ini:

1. Makan di warteg atau rumah orang tua

Biaya makan memang menjadi pengeluaran yang paling besar bagi seseorang. Dengan makan di rumah orang tua, tentu saja ini akan lebih meringankan biaya pengeluaran dibandingkan harus membeli makananan diluar. Namun apabila kamu masih ngekos yang memaksa kamu makan di luar, pastikan kamu hanya membeli makanan di tempat murah saja seperti warteg.


2. Jadi freelancer

Selama masa pencarian kerja, sebenarnya kamu juga bisa mejadi freelancer jika kamu memiliki keahlian tertentu. Beberapa keahlian yang biasanya menawarkan pekerjaan freelance adalah seperti menulis sebagai reporter, memotret sebagai fotografer, ahli pemograman sebagai programmer lepas, dll.

3. Kurangi belanja

Jangan banyak belanja hal-hal yang tidak perlu. Pastikan yang kamu beli adalah barang-barang ang memang benar-benar kamu butuhkan saja. Sehingga kamu akan memiliki uang lebih yang dapat digunakan untuk keperluan mencari pekerjaan.

4. Pergi seperlunya

Pergi-pergi keluar rumah juga pastikan seperlunya saja. Karena dengan pergi keluar dan jalan-jalan tidak jelas juga dapat menambah beban pada biaya pengeluaran dalam hal biaya transportas. Kamu juga jadi harus membeli bahan bakar lebih banyak atau biaya transportasi apabila kamu menggunakan kendaraan umum.

5. Bantu orangtua

Sebenarnya membantu orang tua juga dapat menjadi solusi agar kamu tetap memiliki kesibukan. Dengan menyibukan diri membantu orang tua, maka hal tersebut akan sedikit mengurangi tingkat stresmu akibat masih menganggur. Kamu bisa membantu orang tua baik dalam urusan rumah, maupun membantu pekerjaan orang tua dari kantor.

0 comments:

Post a comment