Sunday, 14 February 2016

Filled Under:

Kalau Tidak Miskin atau Berprestasi, Susah Dapat Beasiswa

Bagi seorang pelajar yang membutuhkan bantuan biaya, beasiswa bisa menjadi salah satu alternatif. Namun ketika pelajar tersebut tidaklah miskin dan tidak juga berprestasi, beasiswa ini akan sulit sekali untuk didapatkan. Karena kebanyakan beasiswa mensyaratkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang tentu saja tidak bisa didapatkan oleh seorang yang tidak miskin atau sedang-sedang saja. Meskipun orang yang tidak miskin tersebut sangat membutuhkan biaya, sulit sekali mereka mendapatkan beasiswa karena persyaratan administrasi memerlukan SKTM. Ahasil mereka yang berstatus tidak miskin ini tidak bisa mendapatkan beasiswa.


Memang ada juga beasiswa yang diperuntukan untuk yang berprestasi. Namun tau sendiri, untuk mendapatkan prestasi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tidak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan prestasi. Alhasil ketika orang yang tidak miskin ini mencoba untuk mendapatkan prestasi agar meraih beasiswa, akan butuh proses yang mungkin saja cukup lama. Sementara kebutuhan akan uang kuliah atau uang makannya sudah sangat mendesak.

Bagaimana dengan yang pintar? Yang pintar kalau parameternya adalah IPK, memang ada beasiswa untuk para mahasiswa yang ber IPK diatas rata-rata, misalnya diatas 3.5. Tapi biasanya beasiswa jenis ini cenderung kecil dan hanya cukup untuk biaya hidup alias biaya makan saja. Malahan terkadang bantuannya pun bisa juga tidak mencukupi untuk makan sebulan.

Lalu bagaimana nasib pelajar yang tidak miskin, tidak kaya, tidak berprestasi, tidak pintar, tapi butuh biaya? Tentu saja mereka harus berjuang sendiri demi menutupi kebutuhan akan biaya pendidikan dan biaya hidupnya. Mencari kerja sampingan (parttime), mengerjakan proyek, atau mencoba terjun ke dunia bisnis. Dan semua itu harus mereka lakukan sambil tetap menjalani aktivitas perkuliahan.


Repot? Memang, tipe orang ini harus tetap memikirkan kuliahnya dan juga memikirkan bagaimana untuk bisa tetap mendapatkan uang demi membantu orang tuanya. Jangan sampai kegiatan mencari uang justru mengganggu kuliah. Dan jangan sampai juga tidak bisa makan karena tidak memiliki uang.

Namun jangan khawatir, jika orang itu bisa melewati semuanya, dia akan merasakan manfaatnya suatu saat nanti. Dia akan terbiasa dengan yang namanya perjuangan. Berjuang membagi waktu, berjuang mencapai sesuatu yang sangat dia inginkan.

0 comments:

Post a comment