Sunday, 14 February 2016

Filled Under:

Kuliah Ke Luar Negeri, Jalan-Jalan atau Cari Ilmu?

Kuliah ke luar negeri sering dijadikan impian oleh banyak orang. Namun sayangnya banyak dari mereka yang ingin kuliah ke luar negeri dengan alasan utama ingin jalan-jalan. Lalu apa salahnya?


Sebenarnya memang tidak ada salahnya walaupun mereka yang memutuskan kuliah ke luar negeri dengan alasan utama ingin jalan-jalan. Tentu saja mereka akan senang dengan berbagai koleksi poto yang bisa didapatkan dari hasil jalan-jalannya dan kemudian menjadi rajin di-update di media sosial. 

Namun dengan catatan, tidak ada salahnya selama uang yang dia gunakan untuk kuliah di luar negeri memang uang sendiri. Ya itu tidak masalah sama sekali. Mau lulus atau tidak juga tidak masalah toh uang-uang sendiri juga.

Namun sayangnya, banyak dari mereka yang ingin jalan-jalan tersebut menggunakan beasiswa dari pemerintah. Yang mana tentu saja beasiswa itu juga merupakan anggaran pendidikan dari negara yang juga merupakan uang yang berasal dari rakyat. Tidakkah seharusnya mereka yang menggunakan beasiswa dari pemerintah menjalankan kuliahnya dengan sungguh-sungguh dan fokus untuk menimba ilmu di negeri orang?

Jangan sampai karena asik jalan sana jalan sini, update media sosial ini media sosial itu, akhirnya kuliah tidak lulus dan hanya buang-buang uang negara saja untuk jalan-jalan. Enak sih bagi mereka sudah bisa merasakan jalan-jalan, gratis lagi.


Tapi tidakkah kalian malu sudah gagal menjalankan amanat dari negara? Amanat dari rakyat?

Beasiswa dari pemerintah kok malah dipake buat jalan-jalan saja. Pulang-pulang tidak membawa gelar apa-apa karena gagal menyelesaikan pendidikan di negeri orang. Ingat loh, itu uang negara yang dipakai, dan juga uang rakyat.

0 comments:

Post a comment