Tuesday, 9 February 2016

Filled Under:

Kuliah, Mau Menuntut Ilmu atau Sekedar Cari Ijazah?

Sudah menjadi hal yang wajar ketika seseorang memutuskan kuliah untuk mendapatkan gelar. Karena banyak orang juga yang ingin mengambil gelar dengan alasan pekerjaan, karir, hingga jodoh? Lalu apakah salah ketika orang itu kuliah dengan alasan tersebut?

Sebenarnya tidak ada salahnya, selama gelar yang diperoleh didapatkan dengan cara yang benar. Yaitu benar-benar menjalani proses perkuliahan, kuliah, mengerjakan tugas, hingga sidang. Sehingga gelar atau ijazah yang didapatkan tidak sekedar nama yang menempel pada nama atau kertas yang disimpan begitu saja. Kita juga setidaknya mendapatkan ilmu dan pengalaman yang berharga setelah bersusah payah menempuh pendidikan di bangku kuliah.

Namun di lain sisi, masih banyak juga oknum-oknum yang menawarkan gelar instan hanya cukup dengan membayar sejumlah uang saja. Bukannya tidak ada peminatnya, praktek ini semakin subur karena peminatnya pun tidaklah sedikit.

Tulisan singkat ini hanya sekedar ingin menyampaikan opini penulis saja. Menurut penulis, sebaiknya kuliah itu untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman yang bermanfaat. Gelar adalah bonus ketika kamu berhasil menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah dengan baik.


Gelar yang dibarengi dengan ilmu yang baik akan memberikan kebaikan untuk masa depan kita. Karena apalah artinya gelar apabila kita tidak memiliki ilmu dan pengalaman yang cukup. Buktinya saja banyak sarjana pengangguran akibat ilmu dan pengalaman yang dimilikinya tidaklah cukup untuk bersaing dengan orang lain.

0 comments:

Post a comment