Saturday, 12 March 2016

Filled Under:

Jangan Kuliah, Kalau Asal Pilih Jurusan

Banyak sarjana pengangguran? Memang. Banyak yang sudah capek-capek kuliah tapi tetap miskin? Memang. Banyak yang sudah sarjana tapi tidak lebih suskses dari yang tidak kuliah? Memang.

Begitulah nasib para sarjana yang asal pilih jurusan. Mereka hanya ingin kuliah dan mendapatkan gelar saja. Tidak peduli apapun itu gelarnya, yang penting kuliah biar keliatan keren. Dimana pun, jurusan apapun, yang penting kuliah. Lalu apa gunanya kuliah kalau semuanya dilakukan atas dasar asal-asalan saja.

Memang keren gitu sudah capek-capek kuliah tapi pada akhirnya tetap gitu-gitu aja? Bukannya harusnya malu? Malu nasibnya tidak lebih baik dari orang yang tidak kuliah.

Kuliah seharusnya jangan cuma dijadikan keren-kerenan saja. Memilih jurusan kuliah adalah salah satu hal yang paling penting sebelum kita memutuskan untuk kuliah. Kalau apa yang kita pelajari tidak sesuai dengan bakat kita pasti kita akan kesusahan berkembang di kampus. Kalau jurusan yang kita pilih benar-benar tidak ada gunanya, buat apa dipilih. Karena setelah lulus tidak ada juga yang mau memperkerjakan kita.


So, semua terserah kamu. Tapi sebaiknya dipikir-pikir lagi sebelum memutuskan untuk kuliah asal-asalan di tempat yang asal-asalan pula. Lebih baik tidak kuliah sama sekali daripada buang-buang uang dan waktu. Padahal uangnya bisa saja dipakai buat modal berbisnis dan waktunya juga bisa dilakukan untuk hal bermanfaat yang lain daripada selama kuliah cuma kamu pakai untuk main-main dan belajar dengan tidak serius. Syukur-syukur juga di wisuda, lebih parahnya lagi malah DO (Drop Out), kan apa coba maksudnya.

0 comments:

Post a comment