Wednesday, 13 April 2016

Filled Under:

Cara Fresh Graduate Dapatkan Gaji Tinggi

Siapa sih yang gak mau digaji tinggi? Gak cuman orang yang udah berpengalaman aja, fresh graduate pun juga mau dong digaji tinggi. Ya gak perlu tinggi-tinggi amat juga gak apa, asalkan masih wajar aja, ya gak?

Terus emang mungkin fresh graduate dapet gaji yang tinggi? Kan baru aja lulus kuliah, prakteknya masih 0 besar, kebanyakan teori? Siapa bilang?? Yuk simak ulasan berikut ini:

Almamater terkemuka

Ketika kamu adalah salah satu dari lulusan universitas terbaik, kamu akan lebih berpeluang mendapatkan gaji yang diatas rata-rata. Hal itu sebenernya karena lulusan universitas terbaik "biasanya" lulusannya bermutu. Jadi kualitasnya bisa dijamin lah kira-kira. Tapi ya memang tidak semua lulusan universitas favorit memiliki kualitas yang lebih baik dari universitas biasa-biasa saja. Tapi setidaknya kalau dibandingkan tentu saja mayoritas lulusan dari universitas favorit adalah orang-orang yang memiliki kualifikasi diatas rata-rata.


"ah kuliah dimana aja sama tergantung orangnya!!"

Nah pernyataan nyinyir tersebut sering sekali keluar dari orang-orang yang kuliah di universitas biasa-biasa saja. Padahal nih ya, tempat kuliah itu juga salah satu faktor yang menentukan masa depan kita. Memang benar tidak semua lulusan universitas favorit jadi orang sukses bergaji tinggi. Tapi setidaknya jika kembali lagi hitung-hitungan persentasenya, tentu saja lebih banyak lulusan universitas favorit yang sukses atau bergaji tinggi dibandingkan yang biasa-biasa saja. Ya artinya peluang lulusan universitas favorit menjadi orang sukses lebih besar. Tidak lain karena alumni-alumni suksesnya yang bertebaran dimana-mana, fasilitas yang memadai, termasuk dosen yang berkualitas, dan tentu saja, mahasiswa-mahasiswa yang masuk ke universitas favorit pun bukan orang "biasa saja" karena mereka berhasil lolos dari persaingan tes masuk yang jauh lebih ketat dari universitas biasa-biasa saja. Bener gak? Kalau engga yaudah, haha :D

Bidik industri dengan lowongan terbanyak


Setiap tahun, kebutuhan tenaga kerja selalu meningkat. Namun sayangnya meningkatnya kebutuhan tenaga kerja ini tidak merata alias berat sebelah. Beberapa bidang memang berkembang secara pesat contohnya IT yang kini dapat dengan mudah menemukan lowongannya dimana-dimana. Karena memang lulusan IT bisa bekerja di bidang apapun karena hampir semua bidang membutuhkan tenaga ahli di bidang IT. Saking kekurangan tenaga kerja dibidang ini, kebutuhan untuk memenuhi lowongan tersebut terkadang terpaksa harus merekrut orang-orang yang ternyata bukan lulusan IT. Memang kualifikasinya tidak sebaik lulusan IT, tapi ya setidaknya mereka yang mau belajar dan mendalami bidang IT dengan sungguh-sungguh.

Namun beberapa bidang lain justru semakin sepi dan mengakibatkan semakin berkurangnya lowongan, bahkan penyusutan lowongan yang berakibat banyaknya PHK massal dan mengakibatkan pengangguran pada bidang-bidang tertentu tersebut, contohnya Pertambangan yang awalnya berjaya, justru sekarang banyak penganggurannya. Gimana mau dapat gaji tinggi kalau nyari kerjanya aja susah, pengennya digaji tinggi, nah ini justru digaji 0 (Nol) alias pengangguran.

Punya banyak pengalaman


Lulusan baru punya pengalaman? Bisa gitu? Ya tentu aja bisa dong. Lagi kuliah juga kan bisa kerja sampingan alias ngambil part time job. Tentu saja lebih bagus lagi kalau kerja sampingan yang kamu kerjakan memang sesuai dengan bidang yang sedang kamu tekuni. Banyak juga kok perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan part-time atau magang di perusahaannya, terutama di bidang IT, Lowongan part-time job dibidang IT ini biasanya sangat banyak, tidak hanya ditujukan untuk orang yang udah lulus aja, tapi para mahasiswa pun bisa ikut melamar ke lowongan tersebut.

Cari lokasi baru


Tidak harus di kota besar, sebenarnya gaji tinggi juga bisa kamu dapatkan di tempat yang biasa-biasa saja. Terkadang justru karena jarang orang mau kerja di tempat-tempat tersebut, mengharuskan perusahaan rela membayar gaji lebih tinggi agar ada yang mau kerja di tempat itu. Contohnya kerja ditempat-tempat terpencil, pedalaman hutan, dll.

Pilih perusahaan dengan tawaran gaji tinggi


Survey, survey, dan survey sebelum melamar kerja. Di era informasi saat ini, kita dapat dengan mudah mencari tahu berapa sih standar gaji yang diberikan oleh perusahaan tertentu. Kita hanya perlu memiliki kemamuan untuk mencari tahu saja. Informasi tentang gaji ini biasanya sudah tersedia melalui situs-situs tertentu.

0 comments:

Post a comment