Saturday, 14 May 2016

Filled Under:

6 Cara Mengatasi Mahalnya Biaya Kuliah

Biaya kuliah mahal? Sebenarnya masalah mahalnya biaya kuliah ini bisa diatasi asalkan mau berusaha. Memang tidak semua orang dapat dengan mudah membiayai biaya pendidikan. Sehingga kebanyakan orang memutuskan untuk tidak melanjutkan kuliah karena alasan biaya. Dengan pentingnya kuliah di jaman sekarang ini, sangat disayangkan memang jika ada orang-orang yang tidak kuliah hanya karena alasan biaya.

Berikut ada beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan biaya kuliah yang mahal tersebut.

1. Beasiswa

Sebagai murid atau mahasiswa berprestasi, sebenarnya peluang cukup terbuka lebar untuk mendapatkan beasiswa. Sebenarnya tidak hanya untuk yang berprestasi saja, bagi yang benar-benar tidak mampu juga banyak sekali beasiswanya. Namun tentu saja kita tidak dapat hanya menunggu beasiswa itu datang dengan sendiri. Kita sendiri tetap perlu mencari informasi mengenai beasiswa-beasiswa yang ada dan mengurus berbagai hal terkait dengan pendaftaran beasiswa hingga seleksinya.


2. Tabungan Pendidikan dan Asuransi

Tabungan pendidikan merupakan pilihan yang dapat diterapkan khususnya bagi orang tua sang murid atau mahasiswa. Dengan mulai menabung dari jauh-jauh hari sebelum sang anak kuliah, ketika tiba waktunya maka orang tua tidak perlu kerepotan lagi memikirkan mahalnya biaya kuliah.

Tabungan pendidikan ini sebenarnya adalah produk perbankan. Memang program ini biasanya tidak menawarkan bunga yang tinggi. Namun tabungan pendidikan cukup membantu dalam mengalokasikan keuangan anda untuk pendidikan.

3. Kredit Tanpa Agunan

Kredit tanpa agunan (KTA) bisa dibilang merupakan cara "instan" untuk mendapatkan biaya kuliah. Dengan menggunakan cara ini, anda bisa meminjam modal kerja, biaya rumah tangga, bahkan biaya pendidikan juga. KTA sebenarnya sama saja dengan berhutang. Namun keuntungan dari KTA adalah tanpa harus menjaminkan suatu aset yang anda miliki. Kekurangannya memang bunga yang dipatok oleh bank pun cukup tinggi, bisa mencapai hingga 4% per bulan.

Apabila menggunakan cara ini, pastikan anda rajin membayar tiap bulan. Jangan sampai terjadi kredit macet yang mengakibatkan bunganya membengkak. Atau hingga di blacklist oleh Bank Indonesia. Jika sudah di blacklist, akan sulit lagi kedepannya untuk mendapatkan pinjaman lagi.

4. Kerja Part-time

Kerja sambil tetap kuliah? Kenapa enggak? Asalkan anda bisa membagi waktu dengan baik, cara ini sebenarnya sangat bagus. Tidak hanya bagus untuk membiaya kuliah, namun juga bagus untuk pengalaman dan karir anda di kemudian hari.

Tidak sedikit perusahaan yang mau menerima mahasiswa untuk bekerja magang. Memang gajinya tidak sebesar pegawai tetap, namun hal tersebut wajar-wajar saja karena anda tidak perlu bekerja penuh seharian. Selain kerja di perusahaan, anda juga sebenarnya bisa menjadi asisten dosen, asisten lab, yang juga akan mendapatkan uang saku dari sana.

Manfaatkan waktu luangmu untuk kerja sampingan meruapakan pilihan yang sangat bijak.

5. Investasi

Investasi memang bukan cara instan. Namun cara ini mesti dilakukan jauh-jauh hari sebelum mulai kuliah. Sehingga ketika membutuhkan dana untuk kuliah, kita bisa dengan segera menggunakan investasi yang telah direncanakan ini. Dengan memilih investasi yang nilainya yang selalu naik seperti emas dan properti, pilihan investasi ini cukup menjanjikan kedepannya. Tidak hanya sebagai tabungan, namun juga mendapatkan keuntungan tambahan.

6. Program Cicilan

Sudah banyak universitas yang menerapkan sistem pembayaran dengan cara cicilan ini. Sehingga bagi yang kesulitan mebayar secara tunai, mahasiswa dapat membayarnya sedikit demi sedikit. Tenang saja, dengan menyicil tidak berarti pelajaran atau SKS yang kamu dapatkan juga dicicil. Kamu bisa mendapatkan perlakukan yang sama halnya dengan mereka yang membayar dengan tunai. Namun memang tidak semua universitas menerapkan biaya yang sama. Terkadang ada juga yang mematok biaya lebih mahal apabila dibayar dengan cara dicicil.

0 comments:

Post a comment