Saturday, 14 May 2016

Filled Under:

Kelebihan Mahasiswa Rantau yang Kuliah Jauh dari Rumah

Awalnya sih emang enak. Ketemu temen-temen baru, jalan-jalan, mulai beradaptasi sama lingkungan sekitar. Tapi lama-lama kok mulai kangen sama keluarga di rumah ya? Mulai ngerasa gak betah dan pengen pulang terus?

Perasaan homesick ini sebenarnya pelan-pelan akan hilang dengan sendirinya. Namun dengan terus berpikir positif tentang dampak kelebihan sebagai mahasiswa rantau yang kuliah jauh dari rumah, hal tersebut akan membantumu agar tetap dapat bersemangat terus menjalani aktivitas kehidupan kuliah sebagai mahasiswa perantauan.

Independen

Belajar hidup mandiri tentu saja menjadi bagian dari kelebihan kuliah jauh dari rumah. Bahkan untuk urusan bangun pagi pun sekarang kamu harus belajar sendiri. Sudah tidak ada lagi mama yang akan membangunkan kamu untuk berangkat ke sekolah. Tanpa dipaksa untuk bangun, kamu akan belajar untuk sadar dengan sendirinya bangun dan siap-siap untuk berangkat kuliah. Untuk urusan makanan pun kamu sudah harus memikirkannya sendiri. Tidak ada lagi sarapan yang sudah dihidangkan di meja makan, dan juga tidak ada lagi makanan siap saji yang menunggumu saat pulang dari kampus. Kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam mengatur waktu dan pola hidupmu.


Menghargai waktu dengan keluarga

Sering sekali mengalami lama tidak bertemu keluarga dirumah, hal ini akan membuatmu menjadi lebih menghargai waktu bersama keluargamu ketika mudik. Tidak hanya berbulan-bulan, mungkin kamu pernah mengalami tidak bertemu keluarga hingga setahun lebih. Liburan seminggu? Satu bulan? Rasanya tidak akan pernah cukup untuk berkumpul bersama keluarga dan makan semua masakan mama di rumah.

Pengalaman hidup di tempat baru

Dengan kuliah di tempat yang berbeda dari tempat kamu tinggal, hal ini akan menambah pengalaman yang baru bagi kamu. Kamu jadi mau tidak mau mencoba berbagai makanan baru, hingga menyesuaikan diri dengan budaya setempat. Tidak hanya itu, kamu juga akan bertemu dengan teman-teman baru di tempat yang baru. Proses adaptasi ini akan memberikan kamu kesenangan dan pengalaman yang unik.

Buang jauh masa lalu saat sekolah

Kuliah merantau sebenarnya bisa juga menjadi salah satu cara untuk menghilangkan masa-masa sekolah yang tidak menyenangkan bagi kamu. Bagi kamu yang merasa tidak memiliki teman saat sekolah, dijauhi teman, atau mungkin punya masalah dengan mantan pacar, kuliah jauh ini dapat membuatmu "move on" dari semua hal itu.

0 comments:

Post a comment