Thursday, 26 May 2016

Filled Under:

Mencari Kerja Sama Halnya Seperti Mencari Jodoh

Mendapatkan pekerjaan memang bukanlah hal yang bisa dibilang mudah di jaman sekarang ini. Gelar sarjana yang dimiliki pun tak menjamin memudahkan seseorang mendapakan pekerjaan impian. Mencari kerja itu sama halnya seperti mencari jodoh. Kamu harus berusaha agar berhasil mendapatkan yang terbaik. Tidak bisa hanya mengandalkan nasib alias untung-untungan saja.

Memang setiap orang memiliki kriterianya masing-masing dalam mencari pekerjaan. Ada yang melihat besarnya gaji, dan ada juga yang melihat potensi peningkatan karirnya. Tak jarang juga ada yang melihat lokasi, nama besar perusahaan, dan masih banyak juga pertimbangan-pertimbangan lainnya.

Tentukan Upaya yang Bertujuan

Sebaiknya kamu memikirkan secara matang ingin bekerja di bidang apa kamu nantinya. Pastikan upaya yang kamu lakukan sejalan dengan tujuan dan cita-cita yang ingin kamu raih di dunia kerja. Bayangkan saja jenis pekerjaan yang kamu inginkan, dimana tempatnya, lingkungan sosial yang bagaimana, dan lainnya. Hal ini cukup penting karena akan mempengaruhi tingkat "kebetahan" kamu ketika bekerja nantinya.

Sebenarnya kamu bisa mencari informasi lowongan kerja melalui berbagai media yang ada baik online maupun offline. Banyak-banyak bertanya tentang lowongan kerja baik kepada pihak kampus, tetangga ataupun keluarga dekat. Siapa tau mereka memiliki informasi tentang lowongan kerja.


Supaya lebih mudah diterima, cobalah hubungi relasi kamu yang bekerja di perusahaan yang dituju. Karena terkadang perusahaan ada yang lebih mengutamakan kandidat yang direkomendasikan oleh karyawannya sendiri. Selama tidak mengandung unsur KKN, sebenarnya memanfaatkan relasi ini sah-sah saja. Kamu bisa berkonsultasi dengan relasimu tersebut tentang bagaimana tips-tips untuk bisa diterima di perusahaan itu.


Fokus dan Pusatkan Perhatian

Jangan asal memilih pekerjaan, cobalah untuk fokus dan pusatkan perhatian dalam mencari pekerjaan. Meskipun  mungkin banyak lowongan pekerjaan di luar sana, tetapi kamu tetap harus selektif dalam melamar kerja. Jangan melamar hanya karena ingin coba-coba saja. Pastikan pekerjaan yang kamu pilih sudah tepat untuk kamu, baik dalam hal karir, gaji, ataupun ilmu yang akan kamu dapatkan disana.

Sama halnya dengan mencari jodoh, tentu saja kamu mengiginkan pekerjaan yang "cocok" bukan?Kamu harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki pekerjaan yang akan kamu lamar agar meminimalisir penyesalan di kemudian hari.

Dalam hal ini sebenarnya bukan berarti kamu jadi sangat pemilih. Jangan juga semua lowongan kamu tolak atau abaikan begitu saja. Sebelum itu, pastikan kamu telah mempertimbangkan matang-matang dalam memilih pekerjaan yang tepat.

0 comments:

Post a comment