Tuesday, 24 May 2016

Filled Under:

Tanpa Gelar Sarjana Juga Bisa Punya Gaji Besar

Seseorang yang gak punya gelar sarjana juga sebenarnya bisa loh punya gaji yang besar. Serius?

Terkadang memang gaji yang besar identik dengan ijazah sarjana. Namun ternyata gak semua profesi mensyaratkan gelar sarjana loh supaya bisa dapat gaji yang besar.

Apa benar bisa kerja tanpa gelar sarjana dengan gaji yang besar? Tentu saja bisa. Dan bahkan ada beberapa pilihan profesinya.

Di Indonesia sendiri, sedikitnya ada 5 bidang pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi buat mereka yang gak punya gelar sarjana.

1. Dunia seni peran

Orang-orang yang bergelut di layar kaca, khususnya pemain sinetron, diketahui mendapat bayaran yang tidak biasa. Contohnya saja Olga Syahputra yang dulunya hanya seorang asisten artis, yang akhirnya berubah menjadi kaya raya akibat dunia hiburan ini

Rata-rata gaji pemain sinetron bisa tembus hingga Rp 5 juta per episode, tapi tentu saja tergantung pada kemampuan dan kontraknya. Modal utamanya yang jelas bisa berakting dan pinter bergaul. Selain pemain sinetron, pemain film, musisi, presenter, pokoknya yang berhubungan dengan dunia hiburan di televisi sangat menjanjikan untuk mendapatkan bayaran yang besar. Bidang ini lebih cocok buat mereka yang suka tampil di depan publik.


2. Teknologi informasi

Sebenarnya tidak sedikit orang yang bisa di bidang teknologi informasi tanpa memiliki ijazah. Mark Zuckerberg misalnya yang berhasil mendirikan Facebook. Namun jangan salah, sebenarnya Mark bisa saja punya ijazah karena dia sendiri adalah seorang mahasiswa Harvard saat mendirikan Facebook. Mark memutuskan Drop Out karena ingin lebih fokus membangun facebook. Selain itu Mark memang seseorang yang jenius. Harvard loh.

Gaji seorang programmer pemula atau junior berkisar antara Rp 5-10 jutaan. Tapi kalau udah senior sih bisa saja sampai belasan hingga Rp 20 jutaan. Bahkan seorang programmer juga bisa aja mroyek sana-sini dan juga bikin aplikasi sendiri seperti halnya Mark Zuckerberg.

Seorang programmer yang jelas harus betah berlama-lama di depan komputer, sabar, dan juga teliti.

Memang untuk belajar programming ilmunya bisa didapat lewat buku-buku atau kursus online. Tapi untuk mehami konsep yang lebih dalam dan mengerti lebih jauh lagi tentang dunia IT, tetap diperlukan kuliah. Karena IT bukanlah sekedar ngoding atau programming saja, banyak hal yang menarik yang bisa dipelajari lebih dalam lagi di dunia IT.

3. Perminyakan

Kerja di perusahaan minyak gak selalu membutuhkan ijazah sarjana. Khususnya bagian operator produksi, tamatan SMA/SMK juga bisa melamar. Atau jadi resepsionis di perusahaan minyak juga gak perlu ijazah sarjana.

Kisaran gaji operator produksi minyak tergolong lumayan besar, sekitar Rp 5-10 juta. Kalau berminat jadi operator produksi di perusahaan minyak, biasanya akan diadakan pelatihan lagi di perusahaan tersebut.

Namun resiko kerja operator produksi terbilang cukup berbahaya, karena terdapat potensi mesin rusak hingga meledak. Sehingga orang yang teliti dan hati-hati sebaiknya mengisi posisi ini.

4. Sales

Jangan salah, penghasilan yang didapat sales bisa lebih Rp 10 juta per bulan. Bahkan ada juga sales yang memiliki penghasilan lebih gede dari seorang manajer. Tapi tentu saja hal tersebut bergantung dari performa si salesnya sendiri.

Misalnya saja sales properti yang mendapatkan 10 persen dari hasil penjualan. Kalau sukses menjual rumah seharga Rp 100 juta saja dalam sebulan, hal tersebut berarti dia sudah bisa mendapatkan Rp 10 juta. Itu baru dari 1 penjualan saja loh. Dan itu juga cuman dari rumah seharga 100 juta. Bayangkan kalau harga rumahnya Milyaran.

Seorang sales harus sabar, pintar mempromosikan barang "dagangan"nya, dan juga ulet. Karena tak jarang memang cukup sulit dalam menemukan pembeli.

5. Pilot

Pilot? Emang iya pilot gak perlu ijazah? Pasti banyak yang gak tau kalau pilot sebenarnya cukup tamatan SMA sederajat saja. Tapi sebelum itu akan di sekolahkan dulu di sekolah pilot.

Bahkan gaji yang diterima pilot pemula saja bisa mencapai Rp 15-20 juta.Apalagi kalau sudah senior, bisa sampai Rp 50 juta untuk sekali terbang loh, tentu saja tergantung maskapai dan tujuannya kemana.

Pekerjaan pilot cocok buat mereka yang teliti, senang "jalan-jalan", dan bisa berbahasa inggris.

0 comments:

Post a comment