Sunday, 12 June 2016

Filled Under:

Ternyata Perusahaan Juga Susah Mencari Pekerja

Cari kerja susah? Memang benar faktanya banyak sekali pengangguran di Indonesia. Tapi tahukah kamu, sebenarnya perusahaan juga kesulitan mencari pekerja. Loh kenapa bisa begitu?

Sebenarnya masalah utamanya terletak pada proses rekrutmen yang kurang tepat. Terkadang perusahaan memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi terhadap calon karyawannya. Mereka terlalu memilih dalam mencari pekerja. Mereka menginginkan kandidat yang berpengalaman hingga sekian tahun. Namun perusahaan justru tidak memberikan timbal balik yang sesuai. Mereka menginginkan kandidat yang berkualitas tapi dengan menawarkan gaji yang sekecil-kecilnya.

Ketika hal tersebut terjadi, akhirnya tidak terjadilah titik pertemuan antara pekerja dan pencari kerja. Karena pada dasarnya pekerja yang berkualitas tentu saja ingin lebih dihargai. Tidak ingin mendapatkan kompensasi yang kecil dengan pengalamannya yang sudah banyak.

Tidak hanya itu, sebenarnya masalahnya juga terkadang berawal dari para pencari kerjanya. Mereka terlalu menginginkan gaji yang tinggi sementara tidak berkaca terlebih dahulu dengan pengalaman yang dimilikinya.


Contohnya saja seorang fresh graduate yang ingin mendapatkan gaji besar hingga puluhan juta di Indonesia. Bagaimana bisa seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman apa-apa mendapatkan gaji hingga puluhan juta di Indonesia? Mungkin di bidang tertentu bisa, tapi tetap saja harus sadar diri dengan kemampuan yang dimiliki. Ketika seorang pencari kerja justru menjadi terlalu pemilih, alhasil mereka sendiri yang membuat dirinya menjadi pengangguran intelektual.

Terkadang memang mencari kerja ataupun mencari pekerja memerlukan pertimbangan dan keputusan yang hati-hati. Namun bukan bearti kita menjadi jual mahal yang berakibat kepada kerugian diri kita sendiri.

0 comments:

Post a comment