Tuesday, 26 July 2016

Filled Under:

4 Jurusan Kuliah Ini Nyentrik Tapi Sulit

Kuliah tidak sekadar sebuah aktivitas untuk mendapatkan ijasah. Itu pendapat segelintir orang yang anti-mainstream. Bagi mereka kuliah adalah ajang untuk bersenang-senang sambil meminum ilmu. Melalui perkuliahan, mereka mendapatkan pengalaman hidup yang sangat mengasyikkan seperti: memiliki teman dari segala penjuru dunia, mengikuti organisasi di Unit Kegiatan Mahasiswa, serta yang tak kalah seru tentunya adalah ikut aksi massa alias demo di jalanan atau di depan Istana Negara.

Di balik segala hiruk-pikuk ala mahasiswa, ternyata ada sebuah fenomena unik. Bahwa dalam perkuliahan ternyata ada 4 jurusan yang nyentrik tapi sulit. Apa saja jurusan itu? Ini dia:

  • Jurusan Ilmu Filsafat: Filsafat memang tidak ada matinya. Sejak Adam dan Hawa masih di surga pun filsafat ternyata sudah ada loh! Buktinya mereka makan buah khuldi, yang tak lain adalah buah nalar yang terlarang. Untuk kalian yang kuliah di jurusan Ilmu Filsafat patut berbangga, artinya kalian adalah penerus setia tradisi menalar. Meski demikian, jangan anggap remeh masuk jurusan ini karena Filsafat itu sulit. Barangkali perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang menawarkan jurusan Filsafat ada di STF (Sekolah Tinggi Filsafat) Driyarkara.



  • Jurusan Ilmu Pedalangan: Tahu dalang? Dalang adalah orang yang menjalankan wayang. Ternyata untuk bisa menjadi dalang dari pertunjukkan wayang itu kini bisa dengan cara menimba Ilmu di Jurusan Ilmu Pedalangan. Jurusan ini masih sepi peminat di Indonesia, padahal wayang adalah kesenian nasional bangsa Indonesia yang harus dilestarikan. Salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menawarkan jurusan Pedalangan adalah Institute Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Setiap tahun mereka menerima mahasiswa baru antara 20-30 anak. Tapi saat semester dua atau tiga, semua anak itu bubar jalan. Yang mampu bertahan hanya 3 anak paling.



  • Jurusan Ilmu Peternakan: Jangan sekali-kali meremehkan kuliah Peternakan. Ini perkuliahan yang sangat nyentrik dan sulit. Menuntut para mahasiswa untuk sering bergadang di kandang ternak saat praktikum. Selain itu mahasiswa juga harus cerdas dalam manajemen sumberdaya, ilmu penyakit hewan, dan ilmu pengolahan makanan. Jurusan Peternakan terbaik, menurut kami ada di Universitas Gadjah Mada. Karena mereka memiliki fokus pada industri peternakan, sehingga teknologi yang digunakan dalam perkuliahan pasti maju.



  • Jurusan Etnomusikologi: Jurusan seni musik sudah sering terdengar di telinga. Tapi bagaimana dengan jurusan Etnomusikologi? Jurusan ini memang sangat langka di Indonesia, padahal Indonesia kaya akan musik etnik karena bangsa Indonesia terdiri dari banyak sekali suku atau etnis yang masing-masing memiliki musik tersendiri. Jurusan Etnomusikologi mempelajari musik-musik masyarakat etnis tersebut. Para mahasiswanya belajar alat musiknya, nadanya, hingga tentu saja mencoba menggubahnya. Perguruan tinggi terbaik untuk mempelajari Etnomusikologi adalah ISI (Institut Seni Indonesia) Surakarta. Hal ini tampak dari banyaknya mahasiswa asing yang belajar di sana. Karena memang di ISI Surakarta, Etnomusikologi merupakan sebuah jurusan yang paten berdiri sendiri, sedangkan di perguruan tinggi lain biasanya hanya berupa mata kuliah yang menginduk pada jurusan lain, seperti jurusan musik misalnya. Jurusan Etnomusikologi ternyata juga cukup sulit karena mengharuskan mahasiswa untuk memiliki selera akan musik daerah yang bagus. Di tengah meroketnya selera musik genre pop atau rock.


0 comments:

Post a comment