Wednesday, 27 July 2016

Filled Under:

Cara Agar Dapat Survive di Tahun Pertama Kuliah

Saat kelulusan SMA, kita pasti sangat excited dengan masuknya transisi ke masa-masa kuliah. Dengan bebasnya hidup saat kuliah yang tidak lagi diatur-atur oleh guru, orang tua, atau siapapun, menjadikan kuliah pengalaman yang berharga bagi hidup kita. Namun, ada juga beberapa yang tidak terlalu excited saat menjadi mahasiswa baru, malahan grogi dan kikuk. Kedua hal tersebut memang wajar, apalagi ketika kita akan berada di situasi yang baru. Nah, baik kamu malas ataupun senang saat akan mengikuti hari-hari kuliah, kamu harus mengetahui tips-tips berikut ini agar dapat survive di tahun pertama kuliah!

Cara Agar Dapat Survive di Tahun Pertama Kuliah


Ikuti Orientasi dengan Baik
Ini adalah hal yang paling penting saat pertama memasuki bangku kuliah. Mengapa? Karena akan banyak keuntungan yang kamu dapatkan jika melakukan hal ini. Antara lain seperti kamu akan mendapatkan banyak teman, kamu akan dikenal oleh kakak tingkat, selain itu juga kamu akan mengerti budaya, tips trik saat berkuliah dan banyak hal lainnya! Beberapa kampus mengharuskan mahasiswanya untuk mewawancara kakak tingkat dan civitas kampus agar dapat kenal dengan mereka. Nah, kamu jangan sia-siakan momen-momen ospek ini, mungkin saja tugas-tugas ospek tersebut dapat memberikan kamu banyak keuntungan. Toh sekarang perpeloncoan sudah dilarang dan diganti dengan materi-materi ospek yang bagus.

Berkenalanlah dengan Banyak Orang

Ya, cobalah berkenalan dengan banyak teman angkatan atau fakultasmu, mulai dari yang seangkatan sampai ke kakak tingkat, satpam, dan bahkan cleaning service. Karena jika kamu ada masalah pasti orang-orang fakultas lah yang akan kamu mintai bantuan. Contoh kecil adalah seperti ketika ketinggalan barang di kelas. Nah pasti kan kamu harus meminta tolong ke petugas cleaning service untuk menyimpankannya atau ketika kamu pulang terlalu malam, kamu bisa minta tolong ke satpam untuk mengantarkanmu ke terminal terdekat atau kostmu. 

Mulailah mandiri dan mengatur waktu

Kuliah memang bebas, tapi jangan sampai kamu terlalu terlena dengan kebebasan yang diberikan oleh waktu kuliah. Cobalah seimbangkan kuliah, organisasi, dan pekerjaanmu, jika kamu juga bekerja part-time, jangan sampai salah satu ada yang terbengkalai. Buatlah to-do-list dan kalender atau agenda untuk mencatat janji-janji rapat, deadline tugas, dan banyak hal lainnya yang mungkin kamu butuhkan.

Cari Tempat Terbaik Untuk Belajar dan Jangan Bolos Kelas

Tempat terbaik untuk belajar mungkin berbeda-beda bagi setiap orang, ada yang tempatnya di perpustakaan, taman universitas, atau mungkin di kamar kostan saat jam malam. Tidak ada yang salah, yang penting kamu bisa menghilangkan segala distraksi sekitar agar kamu dapat fokus belajar supaya belajarmu efektif dan efisien. Jangan bolos kelas terlalu banyak! Biasanya memang kita memiliki jatah absen, namun untuk tahun pertama, usahakan jangan bolos jika tidak terlalu penting, apalagi hanya untuk tidur karena malas masuk pagi. Jangan sampai deh ya!

0 comments:

Post a comment