Tuesday, 12 July 2016

Filled Under:

Ini Cara Mendapatkan Beasiswa Saat Kuliah!

Mendapatkan beasiswa tentu adalah keinginan semua mahasiswa. Apalagi jika beasiswa tersebut adalah beasiswa yang sulit untuk didapatkan dan sangat menguntungkan. Salah satu contohnya seperti beasiswa LPDP atau beasiswa full ke Jepang. Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan beasiswa saat kuliah? Berikut kuliahkerja.com menyajikan tips mendapatkan beasiswa saat kuliah

Cara Mendapatkan Beasiswa Saat Kuliah:

Belajarlah dengan giat


Untuk mendapatkan beasiswa yang seleksinya ketat, tentu anda harus belajar dengan giat. Biasanya mahasiswa yang memiliki IPK cumlaude atau >3.5 akan lebih diprioritaskan dibanding yang IPK-nya di bawah itu. Oleh karena itu, belajarlah segiat mungkin agar IPK anda tinggi, atau setidaknya tidak terlalu pas-pasan dengan ambang batas seleksi beasiswa.

Ikut organisasi

Jika IPK anda sudah melebihi batas seleksi, yang harus anda lakukan adalah mempercantik pengalaman organisasi. Tidak jarang beasiswa yang bagus dan berkualitas akan menyaratkan mahasiswanya untuk memiliki pengalaman organisasi yang baik. Selain organisasi, pengalaman menjuarai lomba juga akan memper-"seksi" CV anda. 

Jadilah juara dalam lomba

Menjadi juara dalam suatu lomba akan meningkatkan peluang anda untuk mendapatkan beasiswa. Penyeleksi akan terkesan dengan anda, terutama jika lomba yang anda ikuti adalah lomba tingkat nasional, apalagi tingkat internasional! Sudah pasti anda akan segera ditelepon untuk interview beasiswa atau lanjut ke tingkat seleksi selanjutnya

Siapkan dokumen seleksi 'standar' 


Dokumen 'standar' seperti fotocopy KTM, kartu keluarga, atau transkrip nilai seharusnya sudah anda siapkan jauh-jauh hari, supaya ketika ada pembukaan beasiswa, anda tidak perlu lagi ribet ke sana ke mari untuk mengumpulkan berkas-berkas pendaftaran. Bayangkan saja anda harus mengambil tanda tangan rekomendasi, membuat CV, dan lain sebagainya, itu akan jadi merepotkan jika dibuat dadakan. Jadi, selalu siapkan dokumen seleksi beasiswa 'standar'. 

Selalu cek kanal beasiswa

Biasanya di setiap kampus akan ada kanal beasiswa, jangan lupa cek secara rutin agar tidak terlewatkan. Selalu carilah beasiswa secara rutin. Mubazir juga jika anda memiliki IPK yang bagus, pengalaman organisasi dan lomba yang mumpuni, namun terlambat melihat pengumuman pembukaan beasiswa.

Begitulah tips dan cara-cara agar anda mendapatkan beasiswa saat kuliah, semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a comment