Monday, 18 July 2016

Filled Under:

Kelebihan Mahasiswa yang Kuliah di Luar Negeri

Jika anda sedang membaca ini, mungkin anda sedang bimbang memilih untuk melanjutkan kuliah di dalam atau luar negeri. Memang, beberapa orang tua ada yang melarang anaknya kuliah di luar negeri, dengan alasan terlalu jauh, tidak aman, atau mungkin karena biayanya yang dianggap terlalu mahal. Namun, dengan banyak risiko tersebut, ternyata mahasiswa yang berkuliah di luar negeri memiliki beberapa kelebihan dibanding mahasiswa yang kuliah di dalam negeri, apa saja itu?

Kuliah di Luar Negeri

Kelebihan mahasiswa yang kuliah di luar negeri:

Lebih mandiri

Meskipun ini bukan menjadi jaminan, namun biasanya mahasiswa yang kuliah di luar negeri akan lebih mandiri dibanding yang hanya berkuliah di dekat rumah. Ini karena mahasiswa tersebut terbiasa hidup sendiri dan jauh dari kampung halaman, bahkan berbeda benua. Apalagi jika mahasiswa yang kuliah di luar negeri tersebut bukanlah orang kaya. Sudah pasti ia akan dipaksa untuk bekerja paruh waktu, manajemen waktu, dan mengurus berbagai kebutuhannya sendiri. Ini menjadi kelebihan mahasiswa yang berkuliah di luar negeri.

Memiliki banyak pengalaman

Saat kuliah di luar negeri, anda pasti akan menghadapi budaya, makanan,, orang-orang, dan kebiasaan yang berbeda dibanding kuliah di dalam negeri. Ini akan menjadikan anda lebih kaya pengalaman daripada kebanyakan orang. Tentunya ini salah satu keunggulan, karena banyak pengalaman baru berarti anda banyak beradaptasi dan akan lebih mudah beradaptasi dibanding yang lain.

Lebih menghargai kampung halaman

Ya, pergi sangat jauh dari kampung halaman tentu akan membuat kita lebih menghargai waktu kita di kampung halaman. Kita akan lebih mencintai dan menghargai kampung halaman dibandingkan yang tidak merantau jauh dari kampung halaman. Ini akan membuat kita kuat dan sadar peran sebagai bangsa Indonesia. 

Lebih mudah mendapat panggilan wawancara

Ketika kuliah di luar negeri, saat pulang kembali ke Indonesia biasanya kita akan lebih dianggap lebih kompeten saat seleksi untuk wawancara. Meskipun memang tidak menjadi jaminan mendapatkan kerja, namun orang yang kuliah di luar negeri akan lebih di-notice karena pengalamannya berkuliah jauh dari Indonesia. Namun memang yang menentukan masuk atau tidaknya ke dalam pekerjaan adalah skill lulusan tersebut.

Begitulah beberapa kelebihan mahasiswa yang kuliah di luar negeri. Meskipun begitu, kuliah baik di dalam maupun luar negeri sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan. Hal yang penting adalah untuk terus mengembangkan skill kita, di manapun kita berkuliah.

0 comments:

Post a comment