Friday, 22 July 2016

Filled Under:

Prospek Kerja Sarjana Lulusan Teknik Mesin

Apakah kamu bercita-cita ingin kuliah di jurusan Teknik Mesin? Atau mungkin sekarang kamu sedang berkuliah di jurusan teknik mesin dan bingung saat sudah lulus kamu akan bekerja di mana? Ya, ini menjadi pertanyaan banyak calon mahasiswa maupun mahasiswa yang sedang atau ingin berkuliah di jurusan teknik mesin, karena meskipun sebetulnya mahasiswa jurusan teknik mesin sama-sama mempelajari tentang mesin, namun ternyata konsentrasi tiap universitas berbeda. Jadi tiap lulusan dari universitas yang berbeda punya ranah yang berbeda juga.

Namun biasanya secara umum lulusan teknik mesin akan bekerja di beberapa bidang berikut. Di bawah ini penulis sajikan prospek kerja sarjana lulusan teknik mesin secara umum!

Prospek Kerja Sarjana Lulusan Teknik Mesin:


1. Perusahaan

Perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan tenaga mesin untuk memproduksi barang-barang yang akan dijualnya biasanya merekrut sarjana lulusan teknik mesin untuk bekerja di perusahaan tersebut. Biasanya untuk membuat, merawat, atau me-manage mesin atau pabrik produksi perusahaan tersebut. Biasanya perusahaan tersebut seperti perusahaan otomotif, makanan ringan, dan lain sebagainya.

2. Pertambangan

Bidang pertambangan juga biasanya membutuhkan mahasiswa sarjana lulusan teknik mesin untuk bekerja terkait mesin-mesin yang dipakai dalam bidang pertambangan. Baik itu untuk mengambil tambang, mengolah, atau mengantarkan barang agar dapat efektif dan efisien. Gajinya biasanya lumayan besar untuk bekerja di bidang ini. Namun bekerja di bidang ini kelemahannya adalah jauh dari kota besar, biasanya di tempat-tempat terpencil.

3. Instansi atau Lembaga Pemerintah

Bisa juga bekerja di departemen riset untuk lulusan teknik mesin. Namun bisa juga agak melenceng dari jurusannya jika berminat menjadi PNS, terutama untuk sarjana lulusan universitas ternama, biasanya akan mudah diterima meskipun berbeda bidang. 

4. Dosen Jurusan Teknik

Ya, lulusan teknik mesin dapat menjadi dosen untuk mengajar di jurusan teknik di kampusnya atau di perguruan tinggi swasta yang sedang menjamur dan berkembang sekarang ini. Tentunya dosen-dosen terbaik akan banyak dibutuhkan sebagai tenaga kerja agar meluluskan kembali mahasiswa-mahasiswa terbaik lulusan Indonesia.

Begitulah beberapa prospek kerja sarjana lulusan teknik, semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a comment