Wednesday, 20 July 2016

Filled Under:

Tips Agar Tidak Stress saat Wawancara Kerja

Wawancara kerja merupakan salah satu hal yang membuat stress oleh sebagian orang. Banyak alasan-alasannya, dari mulai grogi saat ditanya-tanya oleh recruiter, atau mungkin karena merasa tidak pede dengan penampilannya saat wawancara, mungkin juga karena belum pernah melakukan wawancara kerja. Nah, hal yang membuat stress itu sebetulnya bisa kita kurangi. Apa saja yang harus dilakukan? Simak sajian berikut ini!

Tips Agar Tidak Stress Saat Wawancara Kerja:

Siapkan dokumen penting dari jauh hari

Ada baiknya jika anda sudah menyiapkan dokumen-dokumen 'wajib' yang mungkin akan terpakai saat akan wawancara kerja. Contohnya seperti CV, template cover letter, transkrip nilai, SKCK, serta fotocopy identitas. Sehingga ketika anda tiba-tiba diundang untuk wawancara kerja, anda tidak perlu ke sana kemari untuk mengambil berkas-berkas tersebut. Hal ini akan mengurangi stress anda dalam menjalani wawancara kerja.

Jika sudah menyiapkan segala berkas-berkas tersebut, tentu anda akan lebih nyaman dan tidak "pangling" atau was-was lagi saat menghadapi wawancara kerja. Anda pun akhirnya akan lebih pede karena sudah bersiap-siap dari jauh hari.

Siapkan dengan baik baju yang akan anda kenakan

Ini juga cukup penting. Pakaian yang wajib anda kenakan saat wawancara kerja untuk pria biasanya kemeja, dasi, sepatu, serta celana bahan, sedangkan untuk wanita biasanya menggunakan rok, bisa juga mengenakan blazer jika ingin kelihatan rapi.

Nah, berbagai pakaian ini ada baiknya anda siapkan dari jauh-jauh hari. Buatlah ruang khusus di lemari anda in case ada panggilan wawancara kerja secara mendadak. Jika anda belum punya, tidak perlu membeli baju yang mahal, ke tempat seperti pasar malam pun biasanya anda bisa mendapatkan baju bagus dengan harga kurang dari seratus ribu.

Tenangkan diri anda

Biasanya setiap orang memiliki cara atau ritual yang berbeda dalam menenangkan diri mereka. Ada yang hanya tarik nafas, atau mungkin cuci muka ke kamar mandi. Cobalah melakukan ini sebelum pergi ke perusahaan tempat wawancara kerja serta saat anda menunggu dipanggil.

Pasang body language yang baik

Body language juga berpengaruh pada tingkat stress anda. Jika anda memasang body language yang tidak terbuka, maka anda cenderung akan lebih grogi saat wawancara. Sebaliknya jika sebelum wawancara anda memasang body language yang 'terbuka', anda akan merasa lebih pede di saat wawancara, dan ini sudah dibuktikan oleh banyak penelitian!

0 comments:

Post a comment