Friday, 29 July 2016

Filled Under:

Tips Ampuh Menulis Essay Seleksi Masuk Beasiswa

Biasanya beasiswa yang bagus memiliki peminat yang banyak. Ya, oleh karena itu kadang-kadang kebanyakan beasiswa yang digandrungi oleh banyak mahasiswa itu harus membuat tes seleksi yang lumayan ketat agar dapat menyeleksi mahasiswa yang tepat untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Nah, biasanya beasiswa tersebut memiliki bentuk seleksi berupa essay writing. Biasanya temanya adalah tentang mengapa ingin mengambil beasiswa dan ingin berkuliah di tempat beasiswa tersebut. Tes essay ini biasanya ditakuti oleh kebanyakan mahasiswa, padahal sebetulnya ada tips-triknya lho untuk mengerjakan essay seleksi beasiswa. Jadi apa saja yang harus kamu lakukan agar lolos di tes essay ini? Simak beberapa tips berikut ini!



Jangan terlalu "to the point"


Kebanyakan mahasiswa yang tidak lolos di tes ini ternyata menurut panitia seleksi mereka terlalu to-the-point dalam menuliskan essaynya. Sehingga terlihat terlalu umum oleh panitia seleksi. Seharusnya pertama-tama build dulu story-telling dan cerita keren kamu, lalu simpulkan dengan keinginan kamu mendapatkan beasiswa. Berarti yang harus kamu lakukan adalah bercerita dengan baik tentunya. Tentunya seleksi essay beasiswa berbeda-beda, jadi sesuaikan dengan struktur yang diinginkan oleh beasiswa tersebut. Intinya jangan lupakan story-telling yang baik!

Pikirkan topik yang anda pilih baik-baik
Ya, pilihlah topik yang menarik! Panitia seleksi beasiswa pasti akan terkesan jika kamu menuliskan tentang topik yang berbeda dengan mahasiswa-mahasiswa lainnya. Ini membuat kamu stand-out dari yang lain. Tentunya jika topik dan isi yang kamu tulis menarik, kemungkinan kamu dipanggil interview akan lebih besar. Jadi, pikirkanlah topik essay beasiswa lebih keras daripada tugas essaymu saat kuliah. Hal itu akan membuat kamu lolos dengan lebih mudah!

Tulislah secara singkat, padat, dan spesifik


Banyak mahasiswa yang menulis essay yang sangat umum, tanpa memperhatikan bahwa mungkin ribuan mahasiswa yang lain melakukan hal yang sama. Ya, kita harus spesifik dalam memberikan alasan yang dibutuhkan oleh pertanyaan essay. Selain itu, tuliskanlah secara singkat dan padat. Perhatikan juga penggunaan kata, sesuaikan kata-kata yang kamu tulis di essay dengan personality kamu. Panitia seleksi akan lebih menyukai tulisan yang berkarakter dibanding yang umum dan sama dengan banyak orang.

0 comments:

Post a comment