Wednesday, 13 July 2016

Filled Under:

Tips Manajemen Waktu Kuliah dan Organisasi

Ketika menjadi mahasiswa, kita memiliki banyak waktu luang. Banyak mahasiswa yang memakai waktu tersebut untuk berorganisasi. Nah, namun terkadang masalahnya adalah manajemen waktu antara kuliah dan organisasi sering tidak teratur. Berikut tips manajemen waktu untuk anda agar dapat mengatur waktu anda dengan efektif dan efisien.

Tips Manajemen Waktu Kuliah dan Organisasi:


1. Menentukan prioritas

Anda harus menentukan prioritas. Manakah yang lebih penting? Apakah anda lebih memntingkan kuliah dan masuk kelas? Jika iya, maka jangan pernah bolos dan beri tolerir jadwal anda untuk kuliah. Sebaliknya, jika anda lebih memprioritaskan organisasi, maka buatlah jadwal yang mengharuskan anda untuk melakukan kegiatan organisasi setiap minggunya.

2. Membuat to-do-list / jadwal

Setelah menentukan prioritas. yang harus anda lakukan adalah membuat jadwal harian, mingguan, dan bulanan. Tentukan apa saja yang memang menjadi jadwal tetap anda. Contohnya seperti kelas, tugas mata kuliah, atau rapat organisasi. Ini akan membuat kegiatan anda selalu terjadwal dengan baik. Jangan lupa untuk update jadwal anda secara berkala, terserah anda apakah ingin setiap minggu atau setiap hari. Intinya, selalu update jadwal anda.

3. Menggunakan aplikasi

Menggunakan aplikasi akan mempermudah manajemen waktu anda. Sekarang banyak aplikasi-aplikasi jadwal, kalender, dan to-do-list. Bahkan ada aplikasi khusus untuk mahasiswa yang bisa anda pakai seperti "studentapp". Sudah pasti menggunakan aplikasi akan lebih menguntungkan daripada menggunakan jadwal dengan cara tradisional seperti ditulis, karena semua info anda aman dalam gadget anda dan dapat anda sinkronisasi dengan berbagai gadget yang anda miliki dari smartphone, laptop, dan tablet.

4. Reward dan punishment

Jika anda menaati jadwal anda dengan baik, maka berilah reward terhadap diri anda. Jika anda tidak menaati jadwal, akan lebih baik jika anda memberikan punishment, misalnya push up atau lari keliling komplek. Secara psikologis, reward dan punishment ini akan membantu anda dalam menaati jadwal anda dengan baik. Karena anda melatih diri anda sendiri dengan reward ketika anda menaatinya, dan punishment ketika tidak taat dengan jadwal yang anda buat.

0 comments:

Post a comment