Sunday, 31 July 2016

Filled Under:

Tips Terbaik Agar Akademismu Sukses Saat Kuliah

Pelajaran saat kuliah memang sejatinya terasa lebih berat daripada saat SMA. Bagaimana tidak, suasana yang berbeda seperti transisi dari guru ke dosen, pelajaran yang umum ke satu konsentrasi yang spesifik, dan banyak hal lainnya menjadi penghalang banyak mahasiswa untuk sukses di bidang akademis saat kuliah. Nah, oleh karena itu, penulis kerjakuliah.com ingin memberikan tips untuk kalian para mahasiswa agar bidang akademismu sukses ketika kuliah. Simak baik-baik!

1.  Selalu hadir dan berpartisipasi di kelas: Absen meskipun seringkali disepelekan oleh mahasiswa sebetulnya merupakan faktor terbesar dalam masalah akademis di kelas. Ada dosen yang menggunakan absen sebagai pertimbangan nilai, bahkan menaruh absen sebagai 10% nilai, padahal cukup datang ke kelas dan mendengarkan saja. Selain itu, meskipun ada banyak juga dosen yang tidak menempatkan absen kelas sebagai pertimbangan nilai, tetap saja ini menjadi faktor penting. Bayangkan jika anda absen kelas ketika dosen sedang menjelaskan hal-hal penting untuk dipelajari ketika ulangan, atau ketika tiba-tiba ada kuis dadakan. Intinya, selalu hadirlah dan berpartisipasi di kelas.
Mengapa partisipasi juga penting? Karena dosen cenderung akan mengenal anda sebagai orang yang serius untuk belajar, terutama jika partisipasi anda di kelas lebih menonjol daripada mahasiswa yang lain. Seperti ketika anda menanyakan pertanyaan yang unik, atau ketika anda menjawab pertanyaan dosen dengan cara yang "smart". Wah, sudah pasti dosen akan mengingat anda!
2.  Jangan malu untuk meminta bantuan-Sebelum terlambat!: Meskipun kamu merasa bisa dan menguasai mata kuliah, bukan berarti kamu tidak perlu meminta bantuan ke dosen atau temanmu dalam belajar, apalagi jika kamu merasa kesulitan dalam menjalani salah satu pelajaran saat kuliah! Biasanya setiap kampus memiliki Bimbingan Konseling untuk Mahasiswa, ada yang namanya BKM, konselor kampus, dan lain sebagainya. Nah, fasilitas gratis ini bisa kamu manfaatkan, sekalian curhat pun boleh dan tidak dilarang lho! Jika kamu malas ke BKM, boleh juga untuk meminta bantuan ke mahasiswa yang dianggap pintar baik itu mahasiswa yang sekelas dengan kamu atau kakak tingkat yang sudah menjalani kuliah tersebut. Biasanya tips dari mereka manjur-manjur karena sudah expert dalam mata kuliah tersebut.
3.  Buat impresi yang baik terhadap dosen: Impresi di sini bukan hanya ketika anda di kelas, namun dalam banyak aspek. Contohnya seperti ketika di luar kelas, cobalah sapa dosen anda, datangi mejanya saat jam kerja mereka (karena memang gunanya jam kerja dosen itu salah satunya untuk didatangi oleh mahasiswa :p), kerjakan tugas dengan tepat waktu, dan hal-hal kecil lainnya seperti tidak terlambat datang ke kelas, memakai baju yang rapi saat kuliah, dan banyak lagi. Impresi-impresi kecil ini akan membuat dosen anda memberikan nilai bagus kepada anda. 
Well, begitulah tips-tips supaya akademismu sukses saat kuliah. Jangan kaget kalau tiba-tiba IPK anda 4 sempurna setelah melakukan tips-tips ini!

0 comments:

Post a comment