Friday, 29 July 2016

Filled Under:

Tips Unik untuk Kuliah yang Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar!

Mahasiswa yang sedang kuliah ketika mencari website tips trik tentang kuliah bisa jadi mendapat saran serta tips yang umum berulang-ulang kali. Nah, kali ini penulis kerjakuliah.com akan memberi tahu kepada kamu beberapa tips unik untuk kuliah yang mungkin jarang atau bahkan belum pernah kamu dengar! List ini didapat dari thread di Quora yang berjudul "Apa saran untuk anak kuliah yang jarang diberitahu oleh orang-orang. Nah, berikut ini penulis akan share. Apa saja tips unik tersebut? Simak ulasan penulis berikut ini! 

Tips Unik untuk Kuliah yang Mungkin Belum Pernah Kamu Dengar!


Di tahun pertama, kalau kamu tinggal di asrama kampus, bukalah pintunya lebar-lebar!

Menurut salah satu jawaban yang unik, membuka pintu asrama saat di tahun pertama merupakan cara tercepat mencari teman, betulkah ini? Well, ternyata memang ketika tahun pertama, akan banyak mahasiswa-mahasiswa baru yang kebingungan di asrama, dan kebanyakan dari mahasiswa yang bingung tersebut pertama-tama akan bertanya ke orang dengan pintu asrama yang terbuka. Wah, selain anti-mainstream, sarannya juga berguna ya!

Buatlah playlist lagu baru setiap bulannya

Jawaban yang satu ini dituliskan oleh ahli ilmu tingkah laku. Ya, seorang Psikolog! Menurut dia, musik sangat terkoneksi dengan memori yang ada dalam otak. Nah, membuat playlist lagu yang berbeda-beda setiap bulannya akan memperkuat memori kamu lho! Bukan hanya memori tentang pengalaman yang terjadi di kehidupan sehari-hari, namun ternyata memori saat belajar juga! Jadi, katakanlah misal kamu lupa dengan pelajaran bulan februari semester lalu, kamu tinggal setel lagu yang memang kamu dengar saat bulan tersebut dan kemungkinan kamu akan ingat kembali dengan pelajaran semester lalu tersebut. Dan ternyata ini bukan asal-asalah, namun ada teori psikologinya!

Pilih-pilihlah dalam berteman

Saat kuliah, memang bukan saatnya lagi kita terlalu banyak bersenang-senang dan berleha-leha seperti di SMA. Saat kuliah, disarankan kita memilih-milih dalam berteman, bahkan untuk membagi intensi yang berbeda ke setiap pertemanan. Bagaimana? Misal, kamu memilih si X untuk teman kepanitiaan, Y untuk bermain, dan Z untuk teman magang, Ini berguna agar pertemanan kamu berguna bukan jangka pendek saja, namun jangka panjang juga.

Jangan perbagus CV, perbaguslah dirimu sendiri

Ya, masih banyak mahasiswa yang mengikuti berbagai organisasi, kepanitiaan, dan lain sebagainya hanya demi mengejar gelar untuk dituliskan di CV. Meskipun hal ini tidak sepenuhnya salah, namun ternyata hanya mengejar reward ekstrinsik akan membuat kita kelelahan dan tidak maksimal dalam menjalani kegiatan apapun itu. Selain itu, jika niatannya hanya untuk memperbagus CV, kita bisa jadi merupakan esensi pembelajaran dalam proses kegiatan tersebut. 

0 comments:

Post a comment