Friday, 29 July 2016

Filled Under:

Trik dan Strategi Hebat Hadapi Psikotes

Mayoritas orang takut saat akan melakukan Psikotes. Alasannya simple: takut soalnya sulit-sulit. Padahal yang namanya Psikotes itu tidak seperti sedang mengerjakan soal Ujian Nasional. Sensasi saat mengerjakannya justru seperti sedang menyelesaikan soal teka-teki silang. Sungguh mengasyikkan.





Mulai sekarang janganlah takut pada Psikotes. Karena bila tahu trik dan strateginya, pastilah dapat mengerjakan dengan mudah. Berikut beberapa trik dan strategi hebat hadapi Psikotes, dirangkum dari berbagai literatur:

  1. Sugesti pada diri sendiri bahwa Psikotes ini dilakukan demi meraih suatu tujuan. Jadi niatlah dan berdoalah.
  2. Bila Psikotes dilakukan untuk mendaftar kerja, pastikan bahwa pekerjaan yang dilamar memang selaras dengan kemampuan atau kapasitas diri. Jangan memaksakan diri untuk mendapatkan pekerjaan itu bila memang tidak mampu. Karena ribuan kali pun menjalani Psikotes tidak akan sukses, sebab Psikotesnya jadi penuh ambisi, dan ini akan membuat hasilnya buruk.
  3. Istirahatlah yang cukup beberapa hari menjelang Psikotes. Karena tubuh yang fit akan membuat seseorang mudah dan tenang dalam mengerjakan soal-soalnya. Pokoknya jangan dibawa stres, santai saja.
  4. Ketika hendak berangkat ke lokasi Psikotes, persiapkan segala sesuatu dengan matang. Mulai dari pakaian, alat tulis, dan transportasi. Jangan sampai melakukan kesalahaan atau mendapatkan kecelakaan karena keteledoran buru-buru ke lokasi.
  5. Jawablah soal-soal Psikotes dengan jujur. Jangan coba-coba menyontek jawaban teman sebelah karena itu akan percuma saja. Dan justru akan mengancam diri anda, sebab bisa saja pengawasnya mengeluarkan anda dari ruangan ujian.
  6. Bacalah dengan saksama petunjuk pengerjaan soal. Jangan langsung mengerjakan, tapi baca dulu petunjuk atau prosedurnya karena Psikotes biasanya memiliki prosedur khusus.
  7. Jangan pernah mengosongkan jawaban. Tinggal dijawab saja semua soal karena sebenarnya dalam Psikotes tidak ada jawaban yang benar sekali, semuanya relatif dan merupakan sebuah variasi nilai dari indikator-indikator terukur dalam alat-alat tes psikologis.
Begitulah beberapa Trik dan Strategi Hebat Hadapi Psikotes. Semakin anda tenang dalam mengerjakan soal, maka semakin besar kemungkinan mendapatkan hasil yang benar-benar sesuai dengan kondisi psikis anda. Instansi manapun yang menyelenggarakan Psikotes sangat senang bila hasil para pesertanya demikian karena menunjukkan transparansi atas kapasitas diri.

0 comments:

Post a comment