Tuesday, 9 August 2016

Filled Under:

4 Cara Agar Fasih Berbahasa Inggris

Bahasa Inggris semakin merajai sebagai perantara komunikasi di berbagai bidang kehidupan. Bahasa Inggris wajib dikuasai oleh semua orang, terutama para pelajar dan pencari kerja. Orang yang bisa bahasa Inggris akan lebih mudah mendapatkan posisi kerja yang tinggi dan bergaji besar.

Kini banyak perusahaan yang menyaratkan bahasa Inggris sebagai kemampuan wajib. Para pelamar harus memiliki skor toefl yang tinggi. Dan untuk para pelajar, terutama mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri juga harus memiliki kemampuan bahasa Inggris.

Memang sebagai bahasa Internasional, bahasa Inggris tak diragukan lagi harus dikuasai dengan fasih, baik lisan maupun tulisannya. Tapi sayangnya, bagi masyarakat yang hidup di negara yang tidak berbahasa Inggris sehari-harinya, maka menjadi fasih sangatlah sulit. Karena banyak sekali kosa kata dan tata bahasa yang mesti dipahami dan dihafalkan.



Berikut adalah 7 cara agar fasih berbahasa Inggris. Dirangkum berdasar banyak sumber referensi dan pengalaman orang yang fasih bahasa Inggris:

  1. Banyak menghafalkan kosa kata: kosa kata merupakan pintu utama masuk ke dalam pelajaran bahasa Inggris. Semakin banyak kata dalam bahasa Inggris yang dihafal, maka akan semakin fasih. Teknik menghafalkan kosa kata ada beragam, yang populer adalah dengan cara menempelkan kertas memo di segala tempat yang sering terlihat mata. Kertas tersebut berisi berbagai kata dalam bahasa Inggris serta artinya.
  2. Banyak Bermain Games yang Menggunakan Bahasa Inggris: percaya atau tidak? Bahwa ternyata agar bisa fasih berbahasa inggris caranya sangat mudah, yaitu sering bermain games yang menggunakan bahasa Inggris sebagai sarana komunikasinya. Para gamer yang terlihat begitu tenggelam dalam candu itu ternyata mayoritas fasih bahasa Inggris.
  3. Banyak mendengarkan lagu yang liriknya bahasa Inggris, kemudian memahami makna lirik lagu tersebut: belajar bahasa tidak harus selalu formal dan kaku. Mendengarkan lagu berbahasa Inggris juga melatih kemampuan listening dan speaking bahasa Inggris. Agar fasih bahasa Inggris, cobalah untuk mendengarkan lagu, kemudian menerjemahkannya agar paham maknanya.
  4. Banyak berlatih menyusun kalimat dan mengucapkannya dalam bahasa Inggris dengan memperhatikan tenses: Selain kosa kata, tenses juga pintu masuk belajar bahasa Inggris. Maka dari itu, banyaklah berlatih menyusun kalimat dalam bahasa Inggris sesuai tenses. Dan kemudian ucapkanlah kalimat buatan diri sendiri tersebut.

Begitulah 4 cara agar fasih bahasa Inggris. Silahkan coba tips di atas. Dan bacalah artikel kami tentang bahasa Inggris yang lainnya, di: www.kerjakuliah.com

0 comments:

Post a comment