Tuesday, 2 August 2016

Filled Under:

Beberapa Tips Kesehatan Ketika Kamu Menjadi Mahasiswa

Saat menjadi mahasiswa, kita akan menjalani hidup sendiri. Pada akhirnya kita harus lebih mandiri dalam menjalani kehidupan sebagai mahasiswa. Dan hal yang cukup penting dalam kehidupan adalah kesehatan. Jangan sampai aktivitas kita terganggu gara-gara tiba-tiba kita jatuh sakit dan tidak tahu cara mengatasinya. Berikut tips kesehatan saat kamu menjalani aktivitas sebagai seorang mahasiswa



  1. Pola hidup sehat. Mulailah dengan diet dan berolahraga. Buatlah rancangan pola makan yang baik. Ingat, empat sehat lima sempurna. Saat makan selalu lihatlah kandungan nutrisinya, biasanya orang Indonesia banyak yang kelebihan karbohidrat karena makanan apapun selalu diiringi dengan makan nasi. Namun sebaiknya kebiasaan tersebut kita kurangi, jangan sampai ada nutrisi yang kurang atau terlalu dominan. Selain diet, olahragalah minimal dua jam per minggunya. Bisa saja anda lari pagi saat weekend atau work out setiap waktu senggang
  2. Manajemen stres. Kesehatan bukan hanya masalah fisik, namun juga mental. Selalu perhatikan tingkat stres yang kamu alami saat kuliah. Mahasiswa baru biasanya impulsif mengambil banyak kelas, beserta banyak tanggung jawab kegiatan dan organisasi. Tak jarang banyaknya deadline dari kegiatan seringkali menghasilkan stres. Akhirnya, tidur jadi tidak cukup karena stres saat malam harinya. Ada juga yang stres karena masalah dalam kehidupan sosial seperti keluarga, teman, dan pacar. Akhirnya ada yang merokok atau minum alkohol. Nah, semua konsekuensi itu seharusnya tidak terjadi. Terutama jika kita dapat mengatur level stres kita. Biasanya di kampus juga terdapat psikolog / konseling. Jika ada cobalah manfaatkan itu, konseling bukan hanya untuk mahasiswa yang bermasalah. Jika anda tidak bermasalah pun bertanya mengenai saran saat kuliah, berinteraksi atau sekedar curhat dengan konselor pasti akan menguatkan kesehatan mental kamu.
  3. Siapkan obat-obatan dan P3K. Bersiap-siaplah dengan kondisi kesehatan kamu yang dapat berubah tiba-tiba. Siapkan obat-obatan dan peralatan P3K yang umum dipakai. Contohnya seperti betadine, parasetamol, obat flu, dan lain sebagainya. Toh semua itu dapat dibeli di apotek dengan harga terjangkau. Jadi ketika kamu tiba-tiba sakit, tidak perlu ribet, langsung saja ambil obat yang sudah kamu simpan di kost kamu. 
  4. Tambahan. Kalau kamu berkuliah di kota besar seperti Jakarta, Depok, Bandung, dan lain sebagainya, bisa jadi sudah banyak kendaraan dan banyak polusi. 

0 comments:

Post a comment