Monday, 1 August 2016

Filled Under:

Ingin Lolos Tes CPNS? Ini Caranya

Bisa lolos tes CPNS (calon pegawai negeri sipil)  menjadi impian banyak orang, terutama untuk mereka yang memang memiliki cita-cita menjadi seorang PNS (pegawai negeri sipil). Sebab, CPNS adalah sebuah tahapan bagi semua orang yang ingin menjadi PNS. Siapapun yang menjadi PNS, haruslah CPNS dulu. Dengan status CPNS-nya ini, seseorang akan menjalani sebuah prosedur penilaian di lembaga di mana ia bernaung. Berdasarkan ketentuan Undang-Undang, pemerintah Indonesia menetapkan bahwa gaji CPNS adalah 80% dari gaji PNS. Bila sewaktu-waktu CPNS diangkat jadi PNS, barulah gajinya naik penuh menjadi 100%.



Tiap tahun pemerintah Indonesia membuka lowongan sebagai CPNS, jumlah kursi jabatan yang diperebutkan bisa mencapai puluhan ribu. Namun jumlah kursi ini tidak sebanding dengan jumlah peserta tes CPNS. Alhasil banyak sekali peserta yang gagal jatuh berguguran. Untuk mengatasi kegagalan dalam menjalani tes CPNS, berikut kami sudah menyusun beberapa caranya. Yaitu:

  1. Berdoalah kepada Tuhan yang Maha Esa
  2. Meminta restu kepada orang tua, suami/istri, anak, dan saudara. Karena biar bagaimana pun, lolos tidaknya seseorang menjadi CPNS adalah faktor "destiny" dan "lucky" juga.
  3. Banyak-banyaklah mengerjakan soal-soal tes CPNS tahun sebelum-sebelumnya, maupun beli soalnya dalam buku-buku modul.
  4. Banyak-banyaklah membaca koran atau surat kabar di media yang update. Biasanya soal-soal CPNS sifatnya aktual dan faktual juga. Jika seseorang buta terhadap realitas negara ini, tentu akan susah kerjakan soal.
  5. Jangan sekali-kali ingin menjadi CPNS melalui jalur kekerabatan. Misalnya ayahnya seorang menteri, lalu sang anak minta masuk ke kementerian sebagai pegawai tanpa seleksi. Tentu saja cara-cara ini sangat biadab. Karena baik CPNS ataupun yang sudah jadi PNS, harusnya adalah orang yang jujur dan bersih. Kalau kotor nanti malah korup.
  6. Ketika mengerjakan soal tes, biasakan untuk menjawab soal yang lebih mudah dulu. Agar tidak terpaku pada soal yang sulit.
  7. Banyak-banyaklah berkontemplasi atau merenung dalam atas diri. Sembari bermunajat kepada Tuhan. Sebab, sesungguhnya jabatan sebagai seorang pegawai negeri sipil adalah jabatan yang mulia. Membutuhkan keseriusan dan jiwa yang tulus untuk melakukan pelayanan terhadap masyarakat di negeri ini.
Begitulah beberapa cara agar bisa lolos tes CPNS. Semoga cara-cara di atas dapat berguna bagi siapapun yang ingin menjadi pegawai negeri sipil. Kunci kesuksesan tes ada pada diri sendiri, sejauh mana diri sanggup mengatur diri sendiri agar memiliki pengetahuan dan sikap yang jujur, ulet, tegas, serta berjiwa ksatria yang gemar melayani negara.


0 comments:

Post a comment