Thursday, 4 August 2016

Filled Under:

Ini Yang Harus Dilakukan Jika Anda Tinggal Sekamar Dengan Teman Saat Kuliah

Saat kuliah, jika anda tinggal di asrama, kemungkinan besar anda akan memiliki teman sekamar. Bisa jadi, saat kuliahlah waktu kali pertama anda memiliki teman sekamar. Nah, bagaimana caranya menjaga hubungan baik dengan teman sekamar anda? Berikut hal yang harus anda lakukan jika anda tinggal sekamar dengan teman anda saat kuliah!

1. Komunikasikan segala masalah dengan jujur
Jangan biarkan masalah-masalah kecil menumpuk dan pada akhirnya menjadi masalah besar yang menimbulkan konflik bagi kalian. Jika misalnya teman anda melakukan sesuatu yang mungkin sedikit mengganggu anda, contohnya seperti selalu meninggalkan handuk dan bajunya di mana-mana di sekitar kamar. Nah, mungkin itu adalah masalah sepele, namun jika dibiarkan tanpa dikomunikasikan kepadanya, hal tersebut lama-lama akan menjadi kebiasaan yang sulit diubah. Pada akhirnya kamulah yang akan kesulitan dengan kebiasaan tersebut. Jadi, ingatlah untuk selalu mengkomunikasikan segala masalah sejak awal dengan jujur, meskipun masalah tersebut terkesan sepele
2. Berkompromilah
Kompromi juga merupakan hal yang harus dilakukan, seperti ketika temanmu sedang menyapu atau membersihkan kamar, kamu keluar terlebih dahulu. Atau ketika ia sedang terburu-buru untuk menghadiri kelas, kamu mengizinkannya untuk menggunakan kamar mandi duluan. Kompromi seperti itu merupakan hal baik, namun jika anda merasa tidak nyaman, seperti saran di atas: Selalu komunikasikan hal tersebut. 
3. Bersikap baik
Bersikap baiklah, jika kamu memiliki uang jajan lebih saat pulang kuliah, kenapa tidak membelikan teman sekamarmu 'gorengan' atau makanan ringan? Tentu kebaikan tersebut biasanya akan berbalas kebaikan lagi. Atau mungkin kamu memiliki buku yang sudah tidak lagi kamu baca, kamu bisa saling bertukar buku dengan teman sekamarmu. Melakukan hal baik itu menguntungkan lho!
4. Buatlah peraturan di antara kalian berdua
Yap, buatlah peraturan ketika kalian mulai tinggal bersama. Peraturan di sini merupakan hal yang tidak bisa kamu tolerir dari teman sekamarmu. Misalkan karena kamu sakit pernafasan, maka teman kamu tidak boleh merokok di dalam kamar ketika ada kamu di dalam kamar. Tentu temanmu pasti akan mengerti dengan keadaanmu.
5. Saling menghormati
Meskipun teman kamu misalkan membebaskan kamu merokok, membawa teman, dan lain-lain, namun tetaplah berperilaku dalam batas kesopanan. Selalu minta izin jika akan merokok, ketuk pintu sebelum masuk, hal-hal ini mungkin kelihatan simple, namun jika dipertahankan akan baik untuk hubungan kalian baik jangka pendek maupun jangka panjang.

0 comments:

Post a comment