Wednesday, 3 August 2016

Filled Under:

Macam-Macam Tenses dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah jenis bahasa yang cukup rumit dalam penulisan kalimat, karena mengenal Tenses. Jika dalam bahasa Indonesia, hanya dikenal 3 macam tenses, yaitu:
  1. Present (menunjukkan waktu sekarang)
  2. Continuous (menunjukkan waktu sedang)
  3. Future (menunjukkan waktu yang akan datang)
Maka dalam bahasa Inggis, Tensesnya lebih banyak lagi. Sebab bahasa Inggris memang memiliki cara penggunaan kalimat yang sangat banyak sesuai dengan perbedaan waktu yang kompleks. Setidaknya bahasa Inggris memiliki 6 macam tenses, yaitu:





1. Simple Present Tense adalah tenses yang digunakan untuk menggambarkan atau mengungkapkan sebuah kejadian atau peristiwa sehari-hari, yang terjadi setiap saat, di waktu sekarang, dan merupakan sebuah tindakan yang bersifat rutinitas. Meski demikian, Simple Present Tense juga dapat digunakan untuk menyusun sebuah kalimat yang tidak ada hubungannya dengan waktu sama sekali.

Rumus Penggunaan Simple Present Tense:
1.    (Subject+ To Be (am/is/are) + ...) Contoh kalimat: I am a doctor
2.    (Subject+ Verb (s/es) +...) Contoh kalimat: She watches TV in the morning

2. Present Perfect Tense adalah tenses yang digunakan untuk menujukkan sebuah peristiwa yang telah terjadi pada hari ini. Jadi peristiwa tersebut sudah usai.

Rumus Penggunaan Present Perfect Tense:
(Subject + have/has +Verb.3 +Object) Contoh kalimat: She has not seen TV Movie five times


3. Present Perfect Continuous Tense adalah tenses yang digunakan untuk menggambarkan sebuah peristiwa yang terjadi di masa lalu, tapi masih berlangsung hingga sekarang saat sedang dibicarakan.

Rumus Penggunaan Present Perfect Continuous Tense:
(Subject +have/has +been + Verb.Ing) Contoh kalimat: He has been working in this NGO for two years

 4. Simple Past Tense adalah sebuah tenses yang digunakan untuk menjelaskan peristiwa yang terjadi di masa lampau, yang telah berakhir pada waktu tertentu, di mana waktu berakhirnya diketahui secara pasti.

Rumus Penggunaan Simple Past Tense:
1.    Kalimat Verbal (kalimat yang di dalamnya menggunakan kata kerja): (Subject + Verb. II + Object/Complement) Contoh kalimat: Rinta washed clothes this morning.
2.    Kalimat Nominal (kalimat yang di dalamnya tidak menggunakan kata kerja): (Subject +was/were +non.verb + Object/ Complement) Contoh kalimat: Mr. Bejo was in the market.


 5. Past Perfect Tense adalah sebuah tenses yang berguna untuk menjelaskan dua peristiwa yang telah terjadi, tetapi akan ditegaskan peristiwa mana yang lebih dulu terjadi.

Rumus Penggunaan Past Perfect Tense:
(Subject + Had + Past Participle) contoh kalimat: You had left before I come

6. Past Perfect Continuous Tense adalah tenses yang menunjukkan peristiwa masa lalu secara aktual (bahwa peristiwa masa lalu di masa lampau sedang terjadi).

Rumus Penggunaan Past Perfect Continuous Tense:

(Subject + Had + Been + Verb.Ing) Contoh kalimat: He had been talking about me when I came in.



Begitulah beberapa macam tenses yang ada di dalam bahasa Inggris. Selamat mempelajari! Semoga berguna.


0 comments:

Post a comment