Tuesday, 2 August 2016

Filled Under:

Menjadi Ilustrator Freelance Ternyata Mengasyikkan, Ini Alasannya

Tidak banyak orang yang mau menjadi seorang pekerja freelance. Dipikirnya gajinya rendah dan tidak ada gengsi sama sekali dalam pekerjaannya, karena jam kerja tidak paten, kantor pun tidak ada, apalagi bos. Sungguh Freelance kerap dianggap bagaikan pengangguran terselubung, pekerja freelance adalah pengangguran yang sok sibuk, kerja keras, tapi tidak dapat duit. Itu anggapan yang beredar dan diyakini benar.

Eits, tunggu dulu...! Siapa bilang bekerja Freelance segitu buruknya? Kalau ada yang bilang demikian berarti dia belum pernah mencoba nikmatnya hidup bebas, sesuai hobi, dapat duit banyak, dan paling penting tidak punya bos yang suka membentak-bentak. Karena bekerja Freelance artinya kita adalah bos atas diri sendiri. Tapi, meskipun bebas, tidak berarti sama sekali tanpa aturan, sebab rule of play jelas ada, antara diri kita dengan para klien.

Salah satu pekerjaan freelance yang sangat keren dan mengasyikkan ternyata adalah menjadi Ilustrator. Apa itu Ilustrator? Dia adalah orang yang bekerja di bidang jasa desain grafis, gampangannya tukang gambar. Kebutuhan akan ilustrator di dunia sangat banyak, loh...! Karena kini banyak perusahaan ataupun bisnis perorangan yang membutuhkan ilustrasi gambar untuk marketing produknya.




Dan kini jangan lagi takut untuk mencoba profesi ilustrator, karena media untuk promosi karya-karya bisa dilakukan lewat internet. Bahkan karya-karya kita bisa dilihat oleh seluruh orang di berbagai negara di dunia. Berikut beberapa situs website yang bisa menampung karya-karya ilustrator untuk dijajakan:

www.threadless.com
Situs ini memiliki display utama menjajakan ilustrasi gambar untuk produk fashion. Di sini banyak perusahaan fashion yang membeli karya-karya ilustrator freelance. Jangan dikira situs ini main-main, isinya benar-benar sebuah transaksi profesional.

www.deviantart.com
Situs ini sangat populer dikalangan perupa. Mereka di sini bisa eksis memamerkan karya. Tentu saja bila karyanya bagus, berpotensi untuk dibeli. Jika anda pemula sebagai ilustrator, cobalah mengupload karya di DevianArt, karena di sana akan bisa interaksi pula dengan para senior ilustrator.

www.designcontest.com
Buat para ilustrator freelance yang suka tantangan. Tidak ada salahnya mendaftar ke situs desain kontes satu ini. Karena di sana sering diadakan kompetisi desain tingkat dunia, dengan hadiah yang menggiurkan tentunya.

www.99designs.com
Berbeda dengan Threadless. 99designs menampung aneka macam bentuk karya desain grafis. Tidak selalu soal fashion. Bahkan di sana juga menjadi lahan mengeruk duit buat para web desainer.



Itulah beberapa situs website yang wajib dikunjungi bila ingin menekuni profesi Ilustrator Freelance. Zaman sekarang sudah canggih, jadi tidak perlu takut karya anda tidak laku. Teruslah berkarya dan rajin-rajinlah upload serta ikut kontes, agar nama anda sebagai Ilustrator semakin membumbung tinggi, seperti Fadhilla Maharanie, seorang ilustrator Indonesia yang karya-karyanya sudah banyak diikutkan ke pameran di Eropa.
 

0 comments:

Post a comment