Tuesday, 9 August 2016

Filled Under:

Tips Agar Anda Dapat Bekerja Cerdas (Bukan Hanya Bekerja Keras)

Tidak peduli di manapun kita bekerja, dari kampus manapun kita, atau kita berasal dari negara apa, tetap saja saat bekerja kita memiliki satu hal yang sama yang sudah pasti semua orang memilikinya. Ya, hal tersebut adalah progress. 

Tentu kamu pasti ingin ber-progress agar gajimu naik, jabatan naik, dan kesejahteraan hidupmu naik. Nah, banyak orang menganggap bahwa progress ini harus dicapai dengan kerja keras. Di satu sisi, memang betul, kita butuh kerja keras agar dapat berprogress dalam pekerjaan. Namun, ternyata kita bukan hanya butuh kerja keras saja, kita butuh kerja cerdas!

Berikut ini, penulis akan memberikan tips bagaimana agar anda dapat bekerja lebih cerdas dalam pekerjaan anda dan agar anda dapat mencapai progress yang anda inginkan. Simak poin-poin berikut ini!

Tips Bekerja Cerdas


1. Lakukan asesmen dan evaluasi terhadap masalah yang anda hadapi

Dalam bekerja, kita pasti memiliki satu atau beberapa masalah, entah apa itu. Nah, kebanyakan orang seringkali hanya mendiamkan masalah tersebut, masalah simpelnya misal seperti stress setiap mau meeting.

Nah, agar anda tidak terbebani, alangkah baiknya melakukan evaluasi. Apa sih yang menyebabkan anda memiliki masalah tersebut? Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Sedetail mungkin. Setelah itu, pikirkan solusi atas masalah anda

2. Buat goal jangka pendek dalam mengerjakan tugas-tugas pekerjaan anda

Buatlah goal sesimpel mungkin. Goal yang kurang tepat misalnya seperti: Membereskan powerpoint bulan depan. Kenapa kurang tepat? Karena goal tersebut kurang simpel, sehingga otak anda cenderung akan malas.

Alternatifnya buatlah goal seperti ini. Hari pertama, pilih template slide powerpoint. Hari kedua, desain slide powerpoint. Hari ketiga, buat rancangan umum materi. Dan seterusnya. Dengan goal simpel jangka pendek yang banyak, anda tidak akan mudah stress

3. Bekerjalah seefektif mungkin dan sesuaikan dengan kondisi terbaikmu

Kenali dirimu sendiri, coba perhatikan setiap hari kapan waktunya kamu merasa sangat termotivasi dan berpikir kreatif dengan pekerjaanmu. Gunakanlah kebiasaan tubuhmu sebagai senjatamu. Misal kamu senang bekerja di pagi hari dan kamu banyak memunculkan ide ketika sesudah sarapan, ya lakukan itu setiap hari agar kamu dapat bekerja lebih cerdas dan efisien.

0 comments:

Post a comment